Analisis Makna Denotasi dan Konotasi dalam Iklan Provider Internet (Kajian Semiotik)
DOI:
https://doi.org/10.47766/literatur.v5i1.1436Keywords:
Analisis , Iklan Provider Internet , Kajian Semiotik, Makna Denotasi dan KonotasiAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan makna spesifik dan konotatif yang terkandung dalam iklan penyedia internet. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah pertama, peneliti mengumpulkan data. Kedua, teknik membaca. Ketiga, teknik mencatat. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah klarifikasi data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, atau verifikasi. Data dari penelitian ini digunakan berupa tulisan dan gambar adegan yang ada di iklan penyedia jasa internet.. Sumber data dari penelitian ini adalah iklan provider internet, seperti iklan axis, xl, im3 ooredoo, indosat ooredoo, telkomsel, dan smartfreen. Hasil penelitian pada iklan provider internet xl terdapat makna konotasi yaitu xtra, turbo, flex, paling, fiber. Sedangkan, makna denotasi yaitu bebas, bonus, anti, lancar. Pada iklan provider internet axis makna konotasi yaitu irit, puedes, rawit, gaul dan better. Sedangkan, makna denotasi yaitu internetan, kebelet, awet, lancar. Pada iklan provider internet im3 ooredooo makna konotasi yaitu bonus, gold. Sedangkan makna denotasi yaitu langganan, bonus.
References
Antika, Rindi, Tamian, Ningsih, dan Sastika, Insi. Analisis Makna Denotasi, Konotasi, Mitos Pada Lagu “Lathi” karya Weird Genius. Jurnal Sastra, Volume 9, No. 2 (2020). Doi: https://doi.org/10.24114/ajs.v9i2.20582
Amelia, Riska. Analisis Semiotika dalam Novel Ayahku (Bukan) Pembohong Karya Tere Live: (Teori Roland Barthes). Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Lhokseumawe, 2022.
Björkvall, A. (2014). Practices of visual communication in a primary school classroom: digital image collection as a potential semiotic mode. Classroom Discourse, 5(1), 22–37. https://doi.org/10.1080/19463014.2013.859845
Chandrasekaran, N., Sitharama lyengar, S., & Chen, P. P. (1988). A denotational semantics for the generalized ER model and a simple ER algebra. International Journal of Computer Mathematics, 24(2), 99–113. https://doi.org/10.1080/00207168808803636
Edmondson, W. (1994). Abstraction and Organisation in Signs and Sign Systems. Intelligent Tutoring Media, 5(2), 63–72. https://doi.org/10.1080/14626269409408344
McKee, R., & Vale, M. (2023). Recent lexical expansion in New Zealand Sign Language: context, scope and mechanisms. Current Issues in Language Planning, 1–22. https://doi.org/10.1080/14664208.2023.2231795
Lindgren, E., Westum, A., Outakoski, H., & Sullivan, K. P. H. (2017). Meaning-making across languages: a case study of three multilingual writers in Sápmi. International Journal of Multilingualism, 14(2), 124–143. https://doi.org/10.1080/14790718.2016.1155591
Pratama, Riandika, Nicholash. Bebas Itu Nyata Dari Provider Tri. Universitas Sanata Dharma Yogyakarta, 2017.
Putri, Kemala, Citra. Analisis Makna Denotasi dan Konotasi pada Iklan Produk Jeans Levi’s. Jurnal Prosiding Seminar Nasional (2017).
Putri, Septiana, Resti. Gaya Hidup Kaum Urban Dalam Iklan Three.Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Serang, 2014
Septiana, Rina. Analisis Makna Denotasi, Konotasi, dan Mitos Dalam Film Who Am I KeinIst Sicher. Universitas SAM Ratulangi Manado 2019.
Sinaga, Claudia, Yanti, dkk. Analisis Makna Denotasi dan Konotasi pada Lirik Lagu “Celengan Rindu” Karya Fiera Besari. Jurnal Metabosa Volume3, No 1, (2021).
Svalberg, A. M.-L. (2018). Researching language engagement; current trends and future directions. Language Awareness, 27(1–2), 21–39. https://doi.org/10.1080/09658416.2017.1406490
Sobur. Semiotika Komunikasi. Kajian Semiotik. Bandung: Rosdakarya, 2003.
Sugiyono. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta, 2005.
Sulistiyawati, Puri. Analisis Semiotika Makna Pesan pada Iklan Axis VersiIritologi- Menatap Masa Depan. Jurnal Andhapura Vol. 02, No. 01 (2016). Doi: https://doi.org/10.33633/andharupa.v2i01.1066
Stone, G., & Lightbody, M. (2012). The Nature and Significance of Listening Skills in Accounting Practice. Accounting Education, 21(4), 363–384. https://doi.org/10.1080/09639284.2011.617062
Smeyers, P. (2008). Qualitative and quantitative research methods: old wine in new bottles? On understanding and interpreting educational phenomena. Paedagogica Historica, 44(6), 691–705. https://doi.org/10.1080/00309230802486168
van Brakel, J., & Geurts, J. P. M. (1988). Pragmatic identity of meaning and metaphor 1. International Studies in the Philosophy of Science, 2(2), 205–226. https://doi.org/10.1080/02698598808573315