Analisis Indeks, Ikon, dan Simbol dalam Iklan Kuliner

Authors

  • Suci Indah Sari Institut Agama Islam Negeri Lhokseumawe

Keywords:

Ikon, Iklan Kuliner, Indeks, Simbol

Abstract

 

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan analisis indeks, ikon dan simbol dalam iklan kuliner. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Data dalam penelitian berupa iklan kuliner yang terdapat pada postingan di instagram, facebook, dan twitter Indeks adalah sebuah tanda yang menunjukkan adanya hubungan ilmiah antara tanda dan penanda yang bersifat kausal atau hubungan sebab akibat. Indeks yang ditemukan indeks ruang dan indeks situasi. Indeks ruang adalah mengacu pada lokasi atau ruang suatu benda, peristiwa, makhluk dalam hubungan dengan penggunaan tanda. Indeks ruang yang ditemukan di dalam iklan kuliner meliputi Jl. Kalimantan 190 GKB (samping joss laundry), Jl. Dr. Soetomo no. 81 Gresik (deretan alfamart), samping nasi goreng desember, jambo tape, Banda Aceh, Jl. Kramat Raya no. 2, kota Jakarta Pusat, dan Jl. Situmpur no. 102. Di samping itu, indeks situasi adalah berhubungan antara tanda dan petanda yang bersifat sebab akibat tentang suatu keadaan. Indeks situasi yang ditemukan meliputi sebab setiap pembelian 1 porsi ayam tulang lunak, khusus makan ditempat, akibat gratis es teh, sebab promosi semarak agustus akibat dapat potongan harga, sebab promo 12-15 mei 2022 akibat beli 1 gratis 1. Ikon adalah benda fisik yang menyerupai apa yang dipresentasikannya, melalui sebuah bentuk replikasi atau persamaan. Ikon yang ditemukan ikon benda dan ikon hewan. Ikon benda adalah ikon yang digolongkan dalam penggambaran fisik benda memiliki kemiripan dengan aslinya. Ikon benda yang ditemukan meliputi mie Aceh, cumi gulai, ayam goreng, kue bhoi, nasi bebek khas Pidie, dan kopi tarik Aceh. Adapun ikon hewan adalah ikon yang dikategorikan dalam penggambaran fisik mewakili dengan aslinya. Ikon hewan yang ditemukan meliputi kepiting, lobster, dan ikan kakap. Simbol adalah suatu tanda dimana hubungan yang telah terbentuk, artinya terdapat kesepakatan diantara sekumpulan kelompok memiliki tujuan bersama. Adapun simbol yang ditemukan meliputi hoki geprek, mie Aceh Seulawah, ayam jerit, nona judes, geprek bensu, ayam geprek mas bro, dan cak muk.

 

References

Adhimah, Syifaul, (2020). Peran Orang Tua Dalam Menghilangkan Rasa Canggung Anak Usia Dini (Studi Kasus Di Desa Karangbong Rt. 06 Rw. 02 Gedangan-Sidoarjo), Jurnal Pendidikan Anak, 9.1, 57–62

Ardia, Velda, Indriawan, and Jamiati KN, (2020) .Analisis Semiotika Iklan Gojek Versi “Cendikiawan”, Ilmu Sosial; 1, 71–79

Danesi, Marcel. Pesan, Tanda. dan Simbol. Yogyakarta: Jalasutra.

Eryza, (2021). Analisis Semiotika Charles Sanders Peirce Iklan Konsumen Rokok Gudang Garam Internasional Di Media Youtube. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bengkulu

Hartini, Sri, (2016). Pengaruh Nilai Informasi dan Dorongan Iklan Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Samsung, Jurnal Akuntansi dan Bisnis, 2.2, 17–38

Hartono, Dudi, and Asep Sugalih, Makna Simbol Senyum Pada Iklan

Lay’S Di Televisi (Analisis Semiotika Charles Sanders Peirce), Jurnal Perspektif Komunikasi, 3.1 (2019), 39–49.

Prasetyo, Deni Dwi, Edy Yulianto, and Sunarti, Pengaruh Iklan Secara Online Terhadap Keputusan Pembelian (Survei pada Mahasiswa Pengguna Produk Telkomsel Internet 4G LTE), 41.1, 170–74.

Quincy Nixie Angesti, and Resman Muharul Tambunan,(2021). Objek Pesan Iklan Tiket.Com Versi “Tim Tiket Investigasi” Di Youtube (Analisis Semiotika Charles Sanders Peirce), KAIS: Kajian Ilmu Sosial, 2.1 51–64

Siregar, E.D., and S. Wulandari, (2020). Kajian Semiotika Charles Sanders Peirce: Relasi Trikotomi (Ikon,Indeks Dan Simbol) dalam Cerpen anak Mercusuar Karya Mashdar Zainal, Titian: Jurnal Ilmu Humaniora, 04.1, 29–41.

Wibowo, Setyo Ferry, and Maya Puspita Karimah, (2012). Pengaruh Iklan Televisi Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Sabun Lux ( Survei Pada Pengunjung Mega Bekasi Hypermall), Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia (JRMSI), 3.1, 1–15

Zoest, Panuti Sudjiman. (2020). Serba-Serbi Semiotika. Yogyakarta: PT Gramedia Pustaka Utama

Downloads

Published

2023-11-11