Pergeseran Bahasa Batak Mandailing ke Bahasa Indonesia di Desa Sinunukan III Kecamatan Sinunukan Kabupaten Mandailing Natal

Authors

  • Dinda Tri Wahyuni Institut Agama Islam Negeri Lhokseumawe

DOI:

https://doi.org/10.47766/literatur.v3i1.1431

Keywords:

Bahasa Daerah, Makna Bahasa, Pergeseran Bahasa

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang pergeseran bahasa Batak Mandailing ke bahasa Indonesia di Desa Sinunukan III Kecamatan Sinunukan Kabupaten Mandailing Natal. rumusan masalah dalam penelitian ini adalah;(1)Bagaimanakah pergeseran Bahasa Batak Mandailing ke Bahasa Indonesia di Desa Sinunukan III Kecamatan Sinunukan Kabupaten Mandailing Natal dalam faktor ekonomi, faktor demografi, dan faktor sikap; (2) Bagaimanakah  pergeseran Bahasa Batak Mandailing ke Bahasa Indonesia di Desa Sinunukan III Kecamatan Sinunukan Kabupaten Mandailing Natal dalam ranah keluarga, ranah kegiatan, dan ranah keinginan. Metode kualitatif dengan desain penelitian deskriptif digunakan untuk penelitian ini. Untuk penelitian ini, sumber data primer dan sekunder digunakan. Sementara data sekunder adalah informasi yang telah dipelajari peneliti dari sumber yang sudah dipublikasikan, data primer adalah informasi yang dikumpulkan sendiri oleh peneliti. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan kuesioner. Informan penelitian ini adalah Masyarakat Desa Sinunukan III Kecamatan Sinunukan Kabupaten Mandailing Natal. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa ditemukan sebanyak 89,4% telah bergeser bahasa Batak Mandailing ke bahasa Indoneia di Desa Sinunukan III Kecamatan Sinunukan Kabupaten Mandailing Natal. Hal ini dilihat dari beberapa faktor dan ranah meliputi: (1) faktor ekonomi; (2) faktor demografi; (3) faktor sikap; (4) ranah keluarga; (5) ranah pergaulan; (6) ranah kegiatan; dan (7) ranah keinginan.

References

Alimin, R, and R Fajri. (2020). “Pergeseran Dan Pemertahanan Bahasa Pakpak Dialek Boang Di Kecamatan Rundeng Kota Subulussalam.” Journal Universitas Syiah Kuala Provinsi Aceh 8, no. 1: 429–441.

Anju Manumpak Hutapae. (2018).Universitas Sumatera Utara Poliklinik. Pola Pergeseran Bahasa PakPak-Bataka Toba Masyarakat Wilayah Perbatasan Desa Juma Siempat Nempu, Kabupaten Dairi Ranah Keluarga di Kecamatan Siempat Nempu, Kabupaten Dairi Kajian : Sosiolonguistik. Vol. 1.

Anthon Fathanudien. (2015). Suwari Akhmaddhian &. “Partisipasi Masyarakat Dalam Mewujudkan Kuningan Sebagai Kabupaten Konservasi (Studi Di Kabupaten Kuningan).” UNIFIKASI : Jurnal Ilmu Hukum 2, no. 1: 67–90.

Devi, Sry.(2021).“Sikap Berbahasa Warga Negara Indonesia Keturunan Tionghoa Di Kota Makassar.” Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra 7, no. 2: 391–401.

Dwi Lestari, Mirta, and Mochamad Nursalim.(2020). “Studi Kepustakaan FaktorFaktor Penyebab ‘School Refusal’ Di Sekolah Dasar.” Jurnal BK UNESA 11, no. 4: 565–582.

Eri Susan, 2019:1, Fajar Robert Khoirul Husada, Bagas Panglipur.(2013). BAB I Pendahuluan, BAB I, Kajian Pustaka, Kerangka Pemikiran, et al.

“Ella Maulidya, 2013 Studi Deskriptif Pengaruh Lingkungan Sosial Terhadap Perilaku Konsumsi Universitas Pendidikan Indonesia | Repository.Upi.Edu | Perpustakaan.Upi.Edu.” Fakultas ekonomi islam, universitas trunojoyo madura 01, no. IV: 1–9.

Fitria Dewi, Nadra, dan M. Yusdi.(2017). “Kosa Kata Bahasa Minangkabau Yang Berpotensi Arkais Dalam Kaba Cindua Mato.” Salingka Majalah Ilmiah Bahasa dan Sastra 14, no. 2: 100.

Hardiyanti Hastuti Sri.(2019). “Pergeseran Bahasa Sumbawa Besar Di Desa Labangka Kecamatan Labangka Kabupaten Sumbawa Besar.” skripsi Universitas Muhammadiyah Mataram: 1–55.

Hubermen, Miles. “Model Analisis Interaktif Miles and Huberman.(2014). ” Jurnal Metodologi Riset Universitas Bina Pamlembang: 1–27.

Linarwati, Mega, Azis Fathoni, and Maria M Minarsih.(2016). “Studi Deskriptif Pelatihan Dan Pengembangan Sumberdaya Manusia Serta Penggunaan Metode Behavioral Event Interview Dalam Merekrut Karyawan Baru Di Bank Mega Cabang Kudus.” Journal Universitas Pandanaran Semarang Fakultas Ekonomika dan Bisnis Jurusan Manajemen Fakultas 2, no. 2: 1.

Malabar, Samayana. (2015). “Sosiolingustik.” edited by MIra Mirna Wati, 148. Gorontalo: Ideas Publizing.

Mirawati, Ni Made, I Made Wardana, and I Putu Gde Sukaatmadja. (2016).“Pengaruh Sikap, Norma Subjektif, Dan

Persepsi Kontrol Keperilakuan, Terhadap Niat Siswa SMK Di Kota Denpasar Untuk Menjadi Wirausaha.” E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana 7, no. 5: 1981–2010.

Mu, Ari. (2016). “Pengaruh Pergaulan Teman Sebaya Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar.” Journal of Chemical Information and Modeling 53, no. 9: 1689–1699.

Muji. “Bahasa Cermin Budaya Perilaku.(2016).” Jurnal Universitas Jember, no. 37: 108.

Nini Ernawati, Usman.(2019). “Pergeseran Bahasa Masyarakat Etnis Tionghoa Di Bima (Language Shifting Of The Ethnic Chinese Community In Bima).” Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra, no. 1: 31–45.

Downloads

Published

2021-06-30