Analisis Penggunaan Unsur Serapan dan Istilah Asing dalam Opini Surat Kabar Serambi Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.47766/literatur.v2i2.1429Keywords:
Analisis Penggunaan, Opini Surat Kabar, Serambi Indonesia, Surat Kabar, Unsur Serapan & Istilah AsingAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk unsur serapan dan istilah asing yang digunakan dalam opini surat kabar Serambi Indonesia. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif dengan menggunakan jenis penelitian deskriptif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah opini yang terdapat di dalam website surat kabar Serambi Indonesia edisi Januari-Februari 2021, sedangkan data yang diambil dalam penelitian ini adalah kalimat dan kata dalam opini tersebut. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik dokumentasi. Peneliti hanya menganalisis unsur serapan dan istilah asing bahasa Inggris yang terdapat di dalam opini. Berdasarkan hasil penelitian, bentuk kata unsur serapan terbagi menjadi dua, yaitu: (1) Bentuk unsur serapan adopsi meliputi, film, museum, dan program. (2) Bentuk unsur serapan adaptasi meliputi, psikososial, resesi, profesional, diskursif, sosial, indeks, sistem, faktor, teknologi, operasional, positif, instrumen, progresif, publik, prosedur, dan efisiensi. Bentu istilah asing juga dibagi menjadi dua, yaitu: (1) Bentuk istilah asing penerjemahan meliputi, Road-Map, grade, caregiver, submit, stakeholder, fee, cottage, skill, loudspeaker, research, entrepreneurship, body, essay, valid, genre, output, injury time, frame, angle, smart, update, idle, real, self interest, dan launching. (2) Bentuk istilah asing penerjemahan dan penyerapan meliputi, Trauma healing, Lost generation, Text book, Trending topic, Nations character buildings, dan Business as usual.
References
Abdullah. (2001). Press Relation. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Alek dan Achmad H.P. (2010). Bahasa Indonesia Untuk Perguruan Tinggi. Jakarta: Kencana.
Annisa, Pinky. Pengaruh Bahasa Asing Terhadap Bahasa Indonesia di Tengah Arus Globalisasi.
Arsyad, Rahmat. (2020). Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI). Yogyakarta: Istana Media.
Chaer, Abdul. (2003). Linguistik Umum. Jakarta: Rineka Cipta.
Chaer, Abdul. (2014). Linguistik Umum (Edisi Baru). Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Gantamitreka dan Shokha. (2016). Kesalahan Berbahasa Penggunaan EYD: Panduan Lengkap Berbahasa Yang Baik dan Benar. Solo: Genta Smart Publisher.
Hapsari Wijayanti, Sri, dkk. (2013). Bahasa Indonesia: Penulisan dan penyajian Karya Ilmiah. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.
Mariana Purnamasari, Ana, dkk. Analisis Penggunaan Huruf Kapital dan Tanda Baca pada Paragraf Deskriptif Siswa Kelas 4 SDN Binong II Kabupaten Tanggerang. Indonesian Journal of Elementary Education, Vol.1, No.1, Desember 2019, E-ISSN 2722-6689.
Miftahul Hasanah dan Dawud. Argumentasi dalam Artikel Opini Surat Kabar Media Indonesia. Jurnal Kajian Peprustakaan dan Informasi, 2017.
Mijianti , Yerry. Penyempurnaan Ejaan Bahasa Indonesia. Volume 3, No. 1, Februari 2018.
Musfikon. (2016). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT. Preatasi Pustakaraya.
Nuraiza dan Vera Wardani. Proses Pemakaian Kata Serapan dan Istilah Asing dalam Opini pada Harian Serambi
Indonesia. Jurnal Sains Riset, Vol 10 No. 1, April 2020, p-ISSN 2088-0952, e-ISSN 2714-531X.
Prabawati, Nurrokhmah, dkk. Unsur Serapan dalam Novel 5 CM Karya Donny Dhirgantoro dan Implikasinya. Jurnal Kata (Bahasa, Sastra dan Pembelajarannya, November 2013.
Ruqoyyah , Siti. Bentuk dan Pola Pemakaian Bahasa Asing pada Novel Negeri 5 Menara dan Ranah 3 Warna: Karya Ahmad Fuadi. 2012.
S. Samad, Ernawati. Prinsip Kerja Sama dalam Dialog Antartokoh pada Novel “Rantau 1 Muara” Karya Ahmad Fuadi. Jurnal Bahasa dan Sastra, Vol 2, No. 1, ISSN 2302-2043.
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suryodi Putra, Dony, dkk. Kata Serapan pada Kolom Iki Lho di Harian Joglosemar (Pola dan Latar Belakang Penggunaan). BASASTRA Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra Indonesia dan Pengajarannya, Vol 3, No. 3, Agustus 2015, ISSN I2302-6405.
Syifa Wasilatul Fauziyah dan Agus Nero Sofyan. Kemampuan Kosakata (Kata Dasar dan Turunan) pada Anak usia 5-6 Tahun di Paud Al- Haidar Bandung. Jurnal Pendidikan Usia Dini, Volume 12, Edisi 2, November 2018, E-ISSN:2503-0566.
Tepu Sitepu dan Rita. Bahasa Indonesia Sebagai Media Primer Komunikasi Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Vol. 2, No. 1, September 2017, ISSN: 2550-0848; e-ISSN: 2614 – 2988.
Waridah, Ernawati. (2008). EYD dan Seputar Kebahasa-Indonesiaan. Jakarta Selatan: Kawahmedia.