Telaah Kesalahan Penggunaan Kalimat Majemuk dan Kalimat Tunggal dalam Penulisan Artikel Kompas.Com Tahun Edisi 2022

Authors

  • Munira Rahmi Institut Agama Islam Negeri Lhokseumawe
  • Nina Eka Putri Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Teungku Dirundeng Meulaboh

Keywords:

Penulisan Artikel Kompas.Com, Penggunaan Kalimat Majemuk dan Kalimat Tunggal, Telaah Kesalahan

Abstract

Penulis memiliki kebebasan untuk mengungkapkan gagasan, pikiran, dan ide tanpa batas dalam membuat sebuah berita dengan menggunakan bahasa yang sederhana, singkat, lugas, dan menarik. Namun dari berbagai tulisan ditemukan kesalahan dalam penulisan yang tidak sesuai dengan kaidah kebahasaan Indonesia.  Masalah yang dibahas dalam penelitian ini mengenai kesalahan penggunaan kalimat majemuk dan kalimat tunggal dalam penulisan pada artikel koran Kompas.com tahun edisi 2022. Telaah ini bertujuan mendeskripsikan kesalahan-kesalahan penulisan dalam kalimat majemuk dan kalimat tunggal. Telaah ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, yaitu menguraikan kesalahan yang ditemukan dalam kajian linguistik. Teknik pengumpulan data berupa menyimak dan mencatat data. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah media online resmi Kompas.com. Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakant penyajian data serta menarik kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat kesalahan dalam penulisan pada penggunaan kalimat majemuk dan kalimat tunggal. Adapun temuannya adalah sebagai berikut, kesalahan penggunaan konjungsi secara berlebihan, kesalahan penulisan kata, kesalahan penggunaan tanda baca pada kata hubung, kesalahan penggunaan kata hubung di awal kalimat, dan kesalahan dalam penggunaan tata bahasa.

 

References

Akhyaruddin, dkk. 2020. Bahan Ajar Fonologi. Jambi: komunitas Gemulun Indonesia.

Aisiah, Siti dkk. 2021. Analisis Kesalahan dalam Stasiun Najwa Shihab Mudik dan Pulang Kampung itu Beda. Jurnal Batra, Vol 7, No 2, Hlm 98-111.

Agustina, Tiya dan Wahyu Oktavia, 2019. Analisis Kesalahan Berbahasa pada Bahan Ajar Polos Menyimak Program BIPA IAIN Surakarta. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Vol 1, No 2, Hlm 60-69.

Abdussamad, Zuchri. 2021. Metode Penelitian Kualitatif. Makassar: Syakir Media Press.

Ginsing, Lisa SeptiaDewi BR. 2020. Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia. Medan: Guepedia.

Harahap, Malasari dkk. 2018. Analisis Tingkat Kematangan Gonad Teripang Keling (Horothuria atra) di Perairan Menjangan Kecil Karimunjawa. Jurnal of Maquares, Vol 7, No 3. Hlm 263-269.

Lathifah, Nurul Raihan dkk. 2021. Analisis Kesalahan Berbahasa dalam Tuturan Fonologi pada Kanal Youtube Mas Bas-Bule Prancis. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Vol 10, No 1, Hlm 91-98.

Nurwicsksono, BayuDwi danDiah Amelia. 2018. Indonesia pada Teks Ilmiah Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Vol 2. No 2. Hlm 138-153.

Sebayang, Sri Kurnia Hastuti dan Anita Soleha Sofyan. 2019. Analisis Kesalahan Berbahasa pada Sosial Media Instragram dalam Postingan, Komentar, dan Cerita Singkat. Jurnal Seruni Bahasa Indonesia, Vol 16, No 1.

Taringan, H.G. 1990. Pengajaran Kesalahan Berbahasa. Bandung: Penerbit Angkasa

Downloads

Published

2020-12-30