Analisis Kesalahan Berbahasa Pewara Wisuda SMA Negeri 1 Muhammadiyah Tahun Ajaran 2021/2022

Authors

  • Nurlima Saputri Institut Agama Islam Neger Lhokseumawe, Indonesia
  • Miftahussalam Universitas Islam Madinah, Madinah

DOI:

https://doi.org/10.47766/literatur.v4i1.1414

Keywords:

Analisis , Kesalahan Berbahasa , SMA Negeri 1 Muhammadiyah, Tahun Ajaran 2021/2022

Abstract

Tujuan pada penelitian ini ialah menganalisis kesalahan berbahasa pada pewara wisuda di Youtube, aspek yang akan di analisis merupakan aspek bahasa atau kalimat-kalimat yang diucapkan pada penutur. Penelitian ini berfokus pada acara wisuda SMA Negeri 1 Muhammadiyah untuk mengetahui kesalahan berbahasa Indonesia pada pembawa acara. Metode yang diperguanakan pada penelitian ini yaitu teknik simak serta catat. Data yang diperoleh berupa ungkapan tuturan pewara wisuda Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Muhammadiyah. Acara wisuda di tayangkan di Youtube yang bertujuan buat mengamati penggunaan bahasa pada acara tersebut. Peneliti fokus pada kesalahan dalam berbahasa. Sesuai hasil analisis bisa disimpulkan bahwa (1) Bentuk jamak yang ditemukan yaitu terdiri dari dua kalimat (a) “Bapak=bapak dan ibu-ibu” (b) “hadirin” (2) Kata tidak baku yang ditemukan yaitu terdiri dari satu kalimat (a) “dipersilahkan”. (3) Preposisi yang ditemukan yaitu terdiri dari satu kalimat (a) “kepada”. (4) Kalimat pasif yang ditemukan yaitu terdiri dari dua (a) “dimohon” (b) “dimohon”.

References

Aisiah, Siti dkk. 2021. Analisis Kesalahan Berbahasa dalam Talkshow Najwa Shihab Mudik dan Pulang Kampung itu Beda. Jurnal batra, Vol 7 (2). 2021, hlm 98-111.

Arief, Ermawati. “Performace” Pembawa Acara yang Prefosional. Jurnal Bahasa Seni, Vol 10(1), 2009, hlm 11-16.

Baron, N. S. (2015). Shall We Talk? Conversing With Humans and Robots. The Information Society, 31(3), 257–264. https://doi.org/10.1080/01972243.2015.1020211

Björkvall, A. (2014). Practices of visual communication in a primary school classroom: digital image collection as a potential semiotic mode. Classroom Discourse, 5(1), 22–37. https://doi.org/10.1080/19463014.2013.859845

Chandrasekaran, N., Sitharama lyengar, S., & Chen, P. P. (1988). A denotational semantics for the generalized ER model and a simple ER algebra. International Journal of Computer Mathematics, 24(2), 99–113. https://doi.org/10.1080/00207168808803636

Devitt, M.& Hanley, R. (2006). The Blackwell Guide to the Philosophy of Language. USA: Blackwell Publishing Ltd.

Demuro, E., & Gurney, L. (2018). Mapping language, culture, ideology: rethinking language in foreign language instruction. Language and Intercultural Communication, 18(3), 287–299. https://doi.org/10.1080/14708477.2018.1444621

Fatimah, dkk. 2018. Analisis Kesalahan Berbahasa pada Tuturan Pembawa Acara dan Bintang Tamu dalam Talk Show Hitam Putih yang Berjudul “Fenomena kanjeng Dimas”. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Vol 1(5), 2018, hlm 775-786.

Kusmiarti, R., Yuniati, I., & Noermanzah. (2020). Improving Student Communication Skills In Learning Indonesia Language Through Collaborative Learning. Retrieved from osf.io/9km3u.Internationnal Journal of Scientific and Technology Research, 9(1).

Leap, W. L., & Provencher, D. M. (2011). Language Matters: An Introduction. Journal of Homosexuality, 58(6–7), 709–718. https://doi.org/10.1080/00918369.2011.581906

Muntazir. 2017. Pelatihan Pembawa Acara (Pewara) bagi Pengurus Osis Smp Negeri 1 Kalirejo Lampung Tengah. Jurnal Bagimu Negeri, Vol 1(1), 2017, hlm 39-46.

Muhdaliha, B., & Arlena, W. M. (2017). MALAY, CHINA AND INDIA ETHNICITIES REPRESENTATION (Case Study : Etnography and Manga Matrix Analysis, on Upin Ipin Animation Character). WACANA, Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 16(1), 15. https://doi.org/10.32509/wacana.v16i1.10

Noermanzah, N. (2017). Stuktur Kalimat Tunggal Bahasa Sidang di Kota Lubuklinggau dan Pengaruhnya dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. AKSIS: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(1), 2. doi:10.21009/aksis.010101.

Noermanzah, N., Abid, S., & Aprika, E. (2018). Pengaruh Teknik Send a Problem Terhadap Kemampuan Menulis Daftar Pustaka Siswa Kelas Xi SMA Negeri 4 Lubuklinggau. Jurnal Kajian Bahasa, Sastra dan Pengajaran (KIBASP), 1(2), 172. doi10.31539/kibasp.v 1 I 2.273.

Oktaviani, dkk. 2018. Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia pada Karangan Eksposisi Siswa Kelas X Mipa (Studi Kasus Di Sma Negeri 4 Surakarta). Jurnal Penelitian Bahasa dan Sastra Indonesia dan Pengajaranya, Vol 6(1), 2018, hlm 94-109.

Sari, dkk. 2019. Analisis Kesalahan Berbahasa pada Majalah Toga Edisi III Bulan Desember Tahun 2018. Jurnal Imajeri, Vol 2(1), 2018, hlm 11-23.

Smeyers, P. (2008). Qualitative and quantitative research methods: old wine in new bottles? On understanding and interpreting educational phenomena. Paedagogica Historica, 44(6), 691–705. https://doi.org/10.1080/00309230802486168

Uther, M., & Banks, A. P. (2016). The influence of affordances on user preferences for multimedia language learning applications. Behaviour & Information Technology, 35(4), 277–289. https://doi.org/10.1080/0144929X.2016.1151077

Vajda, E. J. (2018). An introduction to languages of the world. WORD, 64(1), 38–42. https://doi.org/10.1080/00437956.2018.1425186

Downloads

Published

2022-06-30