About the Journal

Jurnal Pendidikan Profesi Guru Profesional adalah jurnal ilmiah yang bertujuan untuk mewadahi pemikiran kritis dan hasil penelitian inovatif dari guru dan calon guru dalam bidang pendidikan dan pembelajaran di Satuan Pendidikan Sekolah. Jurnal ini berfungsi sebagai platform untuk berbagi pengetahuan, pengalaman, dan temuan riset yang berfokus pada praktik pendidikan yang efektif, metode pembelajaran yang inovatif, serta pengembangan profesionalisme guru.

Jurnal Pendidikan Profesi Guru Profesional diharapkan dapat memberikan kontribusi positif terhadap pendidikan profesi guru dengan cara:

1. Memfasilitasi pertukaran ide dan inovasi dalam praktik pengajaran dan pembelajaran di sekolah.
2. Menyediakan sumber referensi ilmiah yang berkualitas untuk mendukung pengembangan kompetensi dan profesionalisme guru.
3. Mendorong kolaborasi antara praktisi pendidikan dan akademisi untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.

Focus and Scope

Kami menerima artikel penelitian empirik, studi kasus, laporan (report), dan kajian literatur yang mencakup, namun tidak terbatas pada, topik-topik berikut:

1. Pengembangan profesional dan kompetensi guru
2. Manajemen kelas dan pengembangan lingkungan belajar
3. Metode dan strategi pembelajaran inovatif
4. Pengembangan kurikulum dan evaluasi pembelajaran
5. Studi kebijakan pendidikan yang berdampak pada praktik pengajaran
6. Pendidikan inklusif dan diversitas dalam pembelajaran dan pengajaran
7. Penggunaan teknologi dalam pendidikan
8. Kajian interdisipliner oleh guru dalam berbagai bidang ilmu di ranah pendidikan

Jurnal Pendidikan Profesi Guru Profesional mempunyai misi untuk menjadi sumber informasi terpercaya dan terdepan bagi guru dan calon guru dalam meningkatkan kualitas pendidikan melalui penyebaran penelitian dan praktik terbaik. Kami berkomitmen untuk mendukung pengembangan pendidikan yang berkelanjutan dengan menyediakan platform yang kredibel dan berbasis penelitian untuk memajukan profesi guru.

Kami mengundang guru, calon guru, peneliti, dan praktisi pendidikan untuk mengirimkan naskah mereka melalui proses review yang ketat untuk memastikan kualitas dan relevansi setiap artikel yang diterbitkan. Untuk informasi lebih lanjut mengenai panduan pengiriman naskah, proses review, dan kebijakan penerbitan, silakan kunjungi halaman panduan penulis di OJS web kami.

Jurnal Pendidikan Profesi Guru Profesional berkomitmen untuk mendukung pengembangan profesi guru dan peningkatan kualitas pendidikan melalui penyebaran informasi yang berbasis penelitian dan praktik terbaik. Mari bergabung bersama kami untuk membangun masa depan pendidikan yang lebih baik.