Pengembangan Media Pembelajaran Magic Card Terhadap Kemampuan Kerjasama Pada Pembelajaran Tematik Siswa Kelas VI MIS AL-MA’RUF

Authors

  • Juhaida Risna Sari Universitas muhammadiyah sumatera utara
  • Chairunnisa Amelia Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.47766/jga.v4i2.1644

Keywords:

Media Pembelajaran, Magic Card, Kemampuan Kerjasama, Pembelajaran Tematik

Abstract

Proses pembelajaran yang dilakukan masih belum optimal terhadap kemampuan kerjasama peserta didik. Masalah yang terdapat yakni guru masih menggunakan media pembelajaran yang kurang optimal, sehingga peserta didik masih kurang tertarik bahkan mudah bosan pada saat melaksanakan proses pembelajaran di kelas VI MIS Al-Ma’ruf medan marelan. Oleh karena itu perlunya dilakukan pengembangan media pembelajaran magic card. Menurut Rudi Susilana (dalam Nurfajrinah, dkk, 2018:221), magic card atau kartu ajaib merupakan media pembelajaran yang berupa kartu bergambar berukuran 25 X 30 cm. Gambar- gambar pada kartu ajaib merupakan serangkaian pesan yang disajikan dengan adanya keterangan pada setiap gambar. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran yang berpengaruh terhadap kemampuan kerjasama siswa yang diuji coba kelompok kecil kepada 12 siswa kelas VI. Penelitian ini menggunakan model 4-D yang dikemukakan oleh Thiagarajan yakni terdiri dari tahap awal pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate). Dengan hasil penelitian validator terhadap media pembelajaran yang dikembangkan. Rata-rata kevalidan media pembelajaran magic card mendapatkan nilai 88,66 % dengan tingkat validasi sangat valid. Kemudian pada tingkat kepraktisan media pembelajaran mendapatkan hasil nilai rata-rata P=4,11 yang berarti tingkat kepraktisannya tinggi. Maka kesimpulan dari penelitian ini adalah media pembelajaran yang telah dikembangkan dinyatakan valid dan praktis dan sudah layak untuk diterapkan kepada peserta didik.

References

Arsyad, Azhar. 2020. Media Pembelajaran. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Asyhar, Rayanda. 2013. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada (GP) Press Jakarta.

Barus, Agape, Robi. 2021. Pengembangan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Berbasis Android Pada Tema 9 Subtema 1 Untuk Siswa Kelas V SD Swasta Methodist 7

T.A. 2020/2021. (Skripsi). Medan: Universitas Negeri Medan.

Bony. 2017. Peningkatan Kerjasama Dan Prestasi Belajar IPA Siswa Kelas IV SD Negeri Weoharjo Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Tahun Ajaran 2016/2017. (Skripsi). Yogyakarta: Universitas sanata darma.

Dewi, N. P. S. 2020. Media Magic Book Meningkatkan Kemampuan Kerjasama Anak Usia Dini. Journal for Lesson and Learning Studies, 356-357.

Djamarah, Syaiful, Bahri., & Zain, Aswan. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Emzir. 2014. Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif dan Kualitatif. Jakarta: Rajawali Pers.

Halimah, Leli. 2017. Keterampilan Mengajar Sebagai Inspirasi Untuk Menjadi Guru Yang Excellent di Abad Ke-21. Bandung: PT Refika Aditama.

Hayati, Lilik. 2021. Pengembangan Media Pembelajaran Flashcard Di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian dan Pendidikan IPS, 197.

Marlina, Leni. 2021. Peningkatan Hasil Belajar Ips Melalui Model Guided Discovery Dalam Materi Kerja Sama Pada Siswa Kelas V Sd Negeri 133 Halmahera Selatan. Jurnal PENDAS:Pendidikan Dasar. Vol 3, No 1 Juni 2021. 53-61.

Kadir, Abdul., & Asrohah. 2015. Pembelajaran Tematik. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Kustandi, Cecep., & Darmawan, Daddy. 2020. Pengembangan Media Pembelajaran.Jakarta: KENCANA.

Marisha, Peavey. 2020. Serumpun ASEAN Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Paket A Setara SD/MI Kelas VI. Jakarta: Direktorat Pendidikan Masyarakat dan Pendidikan Khusus-Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah-Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Mutmainah, Savira. Jamilah. Syahriani. 2020. Pengembangan Media Pembelajaran Magic Card Pada Materi Sistem Gerak Manusia. Jurnal Al-Ahya. Volume 2, No 2.

-79.

Renada, Fitri. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Ipa Berupa Kartu Domino Pada Materi Struktur Dan Fungsi Tumbuhan Kelas IV SD/MI. (Skripsi). Lampung: Universitas Islam Negeri Raden Intan.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D). Bandung: Penerbit Alfabeta.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D). Bandung: Penerbit Alfabeta.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Susanto, Ahmad. 2014. Pengembangan Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenamedia Group.

Downloads

Published

13-12-2023

How to Cite

Risna Sari, J., & Amelia, C. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Magic Card Terhadap Kemampuan Kerjasama Pada Pembelajaran Tematik Siswa Kelas VI MIS AL-MA’RUF . Genderang Asa: Journal of Primary Education, 4(2), 11–18. https://doi.org/10.47766/jga.v4i2.1644