ANALYSIS OF THEORY OF PLANNED BEHAVIOR ON INTEREST IN PRODUCT LABELIZATION ON THE BEHAVIOR OF MEAT TRADERS IN TIMUR ACEH DISTRICT

Authors

  • fuadi fuadi Universitas Malikussaleh
  • Fahnora Liza Universitas Malikussaleh
  • Falahuddin Universitas Malikussaleh
  • Muklish M.Nur Universitas Malikussaleh
  • Ramadhan Institut Agama Islam Negeri Lhokseumawe

DOI:

https://doi.org/10.52490/attijarah.v6i1.3267

Keywords:

Sikap, Norma Subjektif, Kontrol Perilaku, Minat

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat pedagang daging dalam melakukan labelisasi halal dengan menggunakan Theory of Planned Behavior (TPB). Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sensus sampling. Jumlah sampel sebanyak 30 pedagang yang berada di Kec. Aceh Timur. Data penelitian dianalisis dengan menggunakan PLS-SEM (Partial Least Square – Structural Equation Modeling) dengan perangkat lunak SmartPLS 4. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Sikap (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat penglabelisasian produk pada perilaku pedagang daging di Kec.Aceh Timur, Norma Subyektif (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat penglabelisasian produk pada perilaku pedagang daging di Kec.Aceh Timur, dan Kontrol Perilaku (X3) tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat penglabelisasian produk pada perilaku pedagang daging di Kabupaten Aceh Timur.

 

References

Agustian, E., & Saujana. (2013). Pengaruh Labelisasi Halal Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. JIMKES (Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan), 1(2), 169–178.

Ajzen. (2019). Reporting Behaviour of People with Disabilities in relation to the Lack of Accessibility on Government Websites: Analysis in the light of the Theory of Planned Behaviour. Disability, CBR and Inclusive Development, 33(1), 52–68. https://doi.org/10.47985/dcidj.475

Ajzen, I., & Driver, B. L. (1992). Application of the theory of planned behavior to leisure choice. Journal of Leisure Research, 24(3), 207–224.

Alfikri, S., Baga, L. M., & Suprehatin. (2019). Kesadaran Dan Kesediaan Membayar Konsumen terhadap Daging Sapi Bersertifikat Halal di Kota dan Kabupaten Bogor. Journal of Halal Product and Research, 2(2), 51–59.

Ardi, M. (2011). Hubungan antara persepsi terhadap organisasi dengan minat berorganisasi. Jurnal Psikologi UIN SUSKA Riau, 2.

Bimrew Sendekie Belay. (2022). Pengaruh Pemberian Kitosan Dan Ekstrak Lengkuas Merah (Alpinia Purpurata) Sebagai Bahan Antibakteri Pada Kualitas Daging Ayam Broiler. Skripsi, Jrusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi Bisnis Islam, UIN Raden Intan Lampung, 8.5.2017, 2003–2005.

Cholidiyah, N. (2018). Perilaku Produsen Menurut Yusuf Qordhowi dan Karl Marx. Laa Maisyir: Jurnal Ekonomi Islam, 5(2).

Dakwah, J. M. (2017). Eksistensi majelis permusyawaratan ulama (mpu) aceh dalam pengkajian dan pengawasan makanan halal di provinsi aceh.

Danilo Gomes de Arruda. (2021). Uji Kualitas Pada Daging Ayam Broiler Di Pasar Tradisional Dungus Kabupaten Madiun Tahun 2021 (Issue 06).

Ghozali, I. (2008). SEM Metode Alternatif Dengan PLS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Guilford, J. P. (1942). Mcgraw-HILL Pusllcatlons In Psychology Fundamental Statistics In Psychology And Education. 323.

Henik , Hari, E., Prayuginingsih, R, N. A. F., & Santosa. (2022). Di Kabupaten Jember Analysis of Demand for Kampung Chicken Meat District of Jember. Journal ;Pertanian, 2.

Henseler, J., Ringle, C. M., & Sarstedt, M. (2015). A new criterion for assessing discriminant validity in variance-based structural equation modeling. Journal of the Academy of Marketing Science, 43(1), 115–135.

Jesaya, E. (2014). Pengaruh sikap, norma subjektif, efikasi diri dan kepribadian terhadap intensi berwirausaha: studi pada mahasiswa program studi pendidikan tata boga universitas negeri jakarta. http://repository.fe.unj.ac.id/2801/1/Cover.pdf

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia. (2014). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 33 Tahun 2014 Tentang Jaminan Produk Halal. Undang – Undang Republik Indonesia, 1, 1–40.

Rizqina Mardhotillah, R., Putri, E. B. P., Rasyid, R. A., & Sahrin, L. A. (2022). Pengaruh Label Halal Terhadap Keputusan Pembelian Daging Ayam. Accounting and Management Journal, 6(1), 13–16. https://doi.org/10.33086/amj.v6i1.2790

Rois, E. L. H. (2016). Pengaruh Religiusitas, Norma Subyektif Dan Perceived Behavioral Control Terhadap Niat Membeli Produk Makanan Ringan Berlabel Halal. Universitas Negeri Yogyakarta, 1–187.

Sholiha, E. U. N., & Salamah, M. (2015). Structural Equation Modeling-Partial Least Square. Jurnal Sains Dan Seni ITS, 4(2), 169–174.

Strajhar, P., Schmid, Y., Liakoni, E., Dolder, P. C., Rentsch, K. M., Kratschmar, D. V., Odermatt, A., Liechti, M. E., Ac, R., No, N., No, C., Oramas, C. V., Langford, D. J., Bailey, A. L., Chanda, M. L., Clarke, S. E., Drummond, T. E., Echols, S., Glick, S., … Mogil, J. S. (2016). Jaminan Sertifikat Produk Halal Sebagai Salah Satu Perlindungan Terhadap Konsumen Menurut Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen. Nature Methods, 7(6), 2016. http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/26849997%0Ahttp://doi.wiley.com/10.1111/jne.12374

Studi, P., Fakultas, M., Islam, U., & Yogyakarta, I. (2016). Peranan Kepercayaan Kepada Penjual Dan Label Halal Terhadap Minat Beli Daging Halal. 1, 120–130.

Tamba, D. (2017). Pengaruh Faktor Budaya, Sosial, Pribadi dan Psikologi Terhadap Keputusan Membeli di Indomaret (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Katolik Santo Thomas Sumatera Utara). Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 30–50.

Downloads

Published

2024-06-30

How to Cite

fuadi, fuadi, Fahnora Liza, Falahuddin, M.Nur, M. ., & Ramadhan. (2024). ANALYSIS OF THEORY OF PLANNED BEHAVIOR ON INTEREST IN PRODUCT LABELIZATION ON THE BEHAVIOR OF MEAT TRADERS IN TIMUR ACEH DISTRICT. AT-TIJARAH: Jurnal Penelitian Keuangan Dan Perbankan Syariah, 6(1), 106–122. https://doi.org/10.52490/attijarah.v6i1.3267