MANAJEMEN PUBLIC RELATIONS DAYAH AL-FHATTANI TANAH LUAS DALAM MEMBANGUN HUBUNGAN CITRA POSITIF DAYAH PERSPEKTIF AL-QUR’AN
Keywords:
Manajamen, Public Relations, Dayah, MasyarakatAbstract
Seiring berjalannya waktu, Dayah di Aceh semakin berperan luas. Dayah tidak saja menjadi tempat belajar, mendidik generasi menjadi seorang ulama atau da’i, tetapi memiliki peran sangat penting dalam masyarakat sekitar Dayah. Masyarakat mulai mengunjungi Dayah untuk membicarakan berbagai persoalan agama, atau meminta Ulama Dayah/Pimpinan Dayah memberi petunjuk hukum terkait permasalahan yang dialaminya. Hal ini menunjukkan bahwa Dayah dan berbagai unsurnya seperti pimpinan, guru, dan murid-murid mulai mendapat hati di masyarakat, karena kiprah Dayah itu sendiri selama ini dapat memberi kontribusi terhadap masyarakat, baik perannya sebagai lembaga pendidikan masyarakat maupun penampung berbagai permasalahan keagamaan yang dihadapi masyarakat sekitar Dayah. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa manajemen Public Relations di Dayah Al-Fhattani Tanah Luas adalah setiap kegiatan kehumasan yang memiliki dasar pada prinsip-prinsip Islam berupa nilai-nilai Islam yang bersumber dari Al Qur’an dan Hadits, yang telah hidup serta menjadi darah daging yang tidak dapat di pisahkan di Dayah Al-Fhattani sebagai bagian dari tata nilai/tradisi Dayah. Implementasi manajemen Public Relations di Dayah Al-Fhattani Tanah Luas dilakukan dengan cara menerapkan setiap prinsip-prinsip ta’aruf, tarahum, tafahum, tasyawur, ta’awun, dan takaful menjadi bagian yang tidak dapat di pisahkan dalam proses pengembangan Dayah Al-Fhattani ke depannya. Dayah Al-Fhattani Tanah Luas mengambil peran yang yang sangat besar dalam perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi setiap program, sehingga prinsip division of work dapat berjalan dengan arah yang lebih baik.