Penguatan Moderasi Beragama dalam Pendidikan Mata Kuliah Islam dan Moderasi Beragama

Authors

  • Putri Nia Monika Sari Institut Agama Islam An-Nadwah Kuala Tungkal Jambi

DOI:

https://doi.org/10.47766/moderation.v2i1.4902

Keywords:

Mata Kuliah Islam, Moderasi Beragama, Pendidikan

Abstract

Saat ini banyak terjadi berbagai konflik sosial yang muncul karena perbedaan agama dan keyakinan. Oleh sebab itu penting bagi instansi pemerintahan untuk membuat suatu terobosan program guna menangani situasi dan kondisi tersebut. Salah satu program yang sudah dijalankan adalah program moderasi beragama yang digaungkan oleh Kementerian Agama RI sejak tahun 2016. Penelitian ini bertujuan untuk menggali lebih dalam terkait kebijakan moderasi beragama di Indonesia yang sudah dijalankan oleh Kementerian Agama RI utamanya dalam bidang pendidikan. Dengan menggunakan metode penelitian studi literatur, hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagai negara multikultural, Indonesia mempunyai berbagai ragam suku, budaya, dan agama, sehingga keragaman ini berpotensi memunculkan konflik antar kelompok suku, budaya, bahkan agama. Oleh karena itu, pengarusutamaan moderasi beragama muncul sebagai alternatif menjalin perdamaian antar manusia di dalam keragaman. Kebijakan pendidikan moderasi beragama dilakukan dalam rangka menjaga kerukunan antar umat beragama di Indonesia dengan tujuan utama mengurangi intoleransi, fanatisme agama, dan ekstremisme yang dapat mengancam stabilitas sosial dan keamanan nasional. Dalam konteks globalisasi dan kemajuan teknologi, pendidikan moderasi beragama dapat membantu peserta didik untuk memahami peran agama dalam kehidupan modern dan bagaimana cara mengembangkan nilai-nilai positif dari agama.

References

Ahmad Zainur Fahri Mohamad, “Moderasi Beragama di Indonesia,” Religions 13, no. 5 (2022): 451.

Atika Wijaya, Moh. Solehatul Mustofa, dan Fadly Husain, “Sosialisasi Program Merdeka Belajar dan Guru Penggerak Bagi Guru SMPN 2 Kabupaten Maros,” Jurnal Puruhita 2, no. 1 (2020): 46–50.

Juliet Corbin & Anselm Strauss, “Basics of Qualitative Research: Techniques and Procedures for Developing Grounded Theory,” Canadian Journal of University Continuing Education 36, no. 2 (2010): 463–65.

Khoiriyah dan Fatah, “Pendidikan moderasi dalam membangun toleransi antarumat beragama.”

Muhammad Riza, Rahayu Subakat, Ibnu Qodir, Ega Gradini, Jufri Hasani, Asdiana, ”Buku Ajar Moderasi Beragama” PT. Literasi Nusantara Abadi Grup.

N Hasyim dan R Hartati, “Pembentukan klub moderasi sebagai sarana pendidikan karakter siswa di sekolah,” Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling 4, no. 1 (2019): 57–62.

Ni Wayan Apriani dan Ni Komang Aryani, “Moderasi Beragama,” Kalangwan Jurnal Pendidikan Agama, Bahasa dan Sastra 12, no. 1 (31 Maret 2022): 34–45.

Patton author. Michael Quinn, Qualitative research & evaluation methods: integrating theory and practice (SAGE Publications Ltd STM, 2015).

RI, Peta Jalan (Roadmap) Penguatan Moderasi Beragama Tahun 2020-2024.

S Ahmad, “Integrating religious moderation in school curriculum: A case study of Islamic education in Malaysia,” Journal of Education and Learning 7, no. 1 (2018): 48–57.

S Hasanah dan W. P Sari, “Evaluasi pembelajaran agama Islam berbasis moderasi beragama di sekolah Dasar Negeri 14 Sawah Besar,” Jurnal Al-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 4, no. 1 (2021): 35–46.

Sumarto, “Implementasi Program Moderasi Beragama Kementerian Agama Ri.”

Tim Kelompok Kerja Moderasi Beragama Kementerian Agama RI, Peta Jalan (Roadmap) Penguatan Moderasi Beragama Tahun 2020-2024 (Jakarta: Kementerian Agama RI, 2020).

Usfiyatul Marfu’ah dkk., “Institusionalisasi Nilai Toleransi Di Perguruan Tinggi; Refleksi Atas Rumah Moderasi,” dalam Prosiding Muktamar Pemikiran Dosen Pmii, vol. 1, 2021, 249–58.

W Hefnı, “Moderasi Beragama dalam Ruang Digital: Studi Pengarusutamaan Moderasi Beragama di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri,” Jurnal Bimas Islam 13, no. 1 (2020).

Downloads

Published

2025-06-30

How to Cite

Sari, P. N. M. (2025). Penguatan Moderasi Beragama dalam Pendidikan Mata Kuliah Islam dan Moderasi Beragama. Moderation: Journal of Religious Harmony, 2(1), 51–62. https://doi.org/10.47766/moderation.v2i1.4902