Psikologi Pesan Dakwah pada Komunikasi Publik: Pesan Dakwah Lora Ismael al-Kholilie di Instagram

Authors

  • Oki Ciputri UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Wildana Ulfa UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Muhammad Asbi UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Rifqi Firmansyah Manuputty UIN Sunan Ampel Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.47766/liwauldakwah.v15i1.6172

Keywords:

psikologi pesan, pesan dakwah, lora ismael, instagram

Abstract

Penelitian ini berfokus pada bagaimana psikologi pesan dapat digunakan dalam proses penyampaian pesan dakwah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji aspek psikologi pesan dakwah yang disampaikan oleh Lora Ismael al-Kholilie melalui akun instagramnya, dengan penekanan pada efektivitas kualitas penyampaian pesan. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dengan menggunakan metode analisis teks media untuk menguraikan pesan-pesan dakwah yang dibagikan oleh Lora Ismael di platform tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Lora Ismael al-Kholilie secara efektif mengomunikasikan dakwah Islam melalui akun instagram milik pribadinya dengan menggunakan strategi dakwah yang menarik. Melalui penggunaan media sosial yang efektif, Lora mencontohkan bagaimana pesan-pesan dakwah dapat disampaikan secara menarik di media sosial, yang berkontribusi pada pemahaman yang lebih mendalam tentang psikologi dibalik pesan-pesan keagamaan yang disampaikan. Oleh karena itu, Lora Ismael dapat mempengaruhi emosi, kognisi, dan persepsi khalayak atau mad’u dalam konteks komunikasi publik di media sosial.

Downloads

Published

2025-06-30