Journal of Contemporary Indonesian Islam https://journal.iainlhokseumawe.ac.id/index.php/JCII <p>Journal of Contemporary Indonesian Islam (JCII), is a peer-reviewed and open access journal published by the Postgraduate Program of Lhokseumawe State Islamic Institute, Aceh. It kindly invites original articles on a broad range of issues within Islamic studies and humanities. Journal of Contemporary Indonesian Islam intends to publish a high-standard of theoretical or empirical research articles within the scope of Islamic studies and humanities, which include but are not limited to theology, cultural studies, philology, law, philosophy, literature, archaeology, history, sociology, anthropology, art, library and information of science. All accepted manuscripts will be published both online and in printed forms.</p> en-US saifulbahri@iainlhokseumawe.ac.id (Saiful Bahri) saifulbahri@iainlhokseumawe.ac.id (Saiful Bahri) Fri, 30 Dec 2022 00:00:00 +0000 OJS 3.3.0.8 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Strategi Komunikasi Politik Partai Aceh Dalam Pemenangan Calon Incumbent Wali Kota Langsa https://journal.iainlhokseumawe.ac.id/index.php/JCII/article/view/1274 <p style="font-weight: 400;">Penelitian &nbsp;ini berjudul Strategi Komunikasi Politik Partai Aceh Dalam Pemenangan Calon Incumbent Wali Kota Langsa pada Pilkada. peneliti menggunakan jenis penilitian kualitatif. Dalam mengumpulkan data, peneliti menggunakan tiga teknik yaitu Observasi (pengamatan), interview (wawancara), dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: &nbsp;Efektifitas komunikasi politik Partai Aceh dalam pemenangan calon Incumbent Wali Kota Langsa pada pilkada 2017sangat efektif, karena calon wali Kota langsa pada saat itu mampu merangkul barisan anak muda serta barisan para orang-orang tua. Strategi komunikasi politik Partai Aceh dalam pemenangan calon Incumbent Wali Kota Langsa pada pilkada 2017 yaitu: dibagi kedalam lima bentuk yaitu teknik komunikasi persuasif, teknik komunikasi informatif, teknik komunikasi perpasif, teknik komunikasi koersif dan dan teknik komunikasi human relation. Strategi komunikasi calon Incumbent Wali Kota Langsa dalam mendapatkan kepercayaan kembali dari masyarakat yaitu tidak ada strategi khusus yang dilakukan dalam hal mendapatkan kepercayaan kembali dari masyarakat. Namun, dengan mengevalusai kinerja serta visi dan misi yang telah diajukan saat kampanye, dilihat berjalan sebagaimana mestinya atau tidak.</p> Zulfikar Zulfikar Copyright (c) 2023 Journal of Contemporary Indonesian Islam https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://journal.iainlhokseumawe.ac.id/index.php/JCII/article/view/1274 Fri, 30 Dec 2022 00:00:00 +0000 Pola Komunikasi Publikasi Pascasarjana IAIN Lhokseumawe dalam Meningkatkan Minat Mahasiswa Aktif Kerja https://journal.iainlhokseumawe.ac.id/index.php/JCII/article/view/1254 <p style="font-weight: 400;">Jurnal ini berjudul, Pola Komunikasi Publikasi Pascasarjana IAIN Lhokseumawe dalam Meningkatkan Minat Mahasiswa Aktif Kerja. Dengan tujuan: (1) untuk mendiskripsikan pola komunikasi yang dilakukan Pascasarjana IAIN Lhokseumawe dalam menarik minat mahasiswa aktif kerja, (2) untuk mengetahui hambatan yang dialami Pascasarjana IAIN Lhokseumawe dalam menarik minat mahasiswa Pascasarjana, (3) untuk mengetahui efektifitas pola komunikasi yang dilakukan Pascasarjana IAIN Lhokseumawe terhadap minat mahasiswa pascasarjana. Teknik pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara. Teknik analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pola komunikasi yang dilakukan Pascasarjana IAIN Lhokseumawe untuk menarik minat mahasiswa aktif kerja, yaitu dengan pola tatap muka yang dilakukan secara langsung di 8 kabupaten/kota di Aceh, dan melalui media, seperti bilbord/baliho, spanduk, ex-benner, brosur disebarkan dan pola bermedia juga dijalankan seperti website, facebook, instagram, grup-grup whatsapp, sedangkan media massa melalui Koran serambi Indonesia, dan RRI Lhokseumawe (2) hambatan yang dialami pascasarjana IAIN Lhokseumawe dalam menarik minat mahasiswa pascasarjana, untuk di internal Pascasarjana saat ini tidak terkendala, dalam melakukan sosialisasi, hanya saja kendalanya ketika turun ke lapangan terkadang sudah duluan kampus lain yang turun ke lokasi yang sudah ditargetkan, mahasiswa yang ingin mendaftar tidak diberikan izin oleh atasannya, selain itu tidak bisa membuka kelas jauh. (3) efektifitas pola komunikasi yang dilakukan Pascasarjana IAIN Lhokseumawe terhadap minat mahasiswa Pascasarjana, yaitu upaya komunikasi yang dilakukan sudah sangat efektif, hal tersebut diukur dengan pola komunikasi yang dijalankan melalui tatap muka maupun media keduanya efektif, adapun informasi yang hendak disampaikan telah secara efektif merubah sikap dan meningkatkan minat calon mahasiswa, selain itu penggunaan media berjalan juga dengan efektif, sedangkan pola komunikasi dilakukan dalam bentuk tatap muka (dua arah) hanya untuk bersilaturrahmi dengan pemerintah daerah atau instansi lainnya untuk penguatan-penguatan saja, namun ada juga diskusi ringan sebagai pola komunikasi banyak arah.</p> Askari Askari Copyright (c) 2023 Journal of Contemporary Indonesian Islam https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://journal.iainlhokseumawe.ac.id/index.php/JCII/article/view/1254 Fri, 30 Dec 2022 00:00:00 +0000 Strategi Guru Dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Alquran Santri di Dayah Terpadu Jami’ah Azzanjabil Bireuen https://journal.iainlhokseumawe.ac.id/index.php/JCII/article/view/1539 <p>Menghafal Alquran sangat erat kaitannya dengan kemampuan kinerja memori otak. Oleh karena itu pemilihan strategi maupun metode yang digunakan dalam menghafal Alquran bagi anak sangat perlu untuk diperhatikan guna mencapai keberhasilan dalam menghafal Alquran. Oleh karena itu, untuk menjawab permasalahan tersebut peneliti membuat rumusan masalah: (1) Bagaimana Strategi Guru dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Alquran Santri di Dayah Terpadu Jami’ah Azzanjabil Bireuen?, (2) Apa Saja Kendala dan Upaya Guru dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Alquran Santri di Dayah Terpadu Jami’ah Azzanjabil Bireuen?, (3) Bagaimana Pencapaian Guru Terhadap Kemampuan Menghafal Alquran Santri di Dayah Terpadu Jami’ah Azzanjabil Bireuen?. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskrpsikan dan menjelaskan tentang: (1) Untuk mengetahui strategi guru dalam meningkatkan kemampuan menghafal Alquran santri di Dayah Terpadu Jami’ah Azzanjabil Bireuen. (2) Untuk mengetahui kendala dan upaya guru dalam meningkatkan kemampuan menghafal Alquran santri di Dayah Terpadu Jami’ah Azzanjabil Bireuen. (3) Untuk mengetahui pencapaian guru terhadap kemampuan menghafal Alquran santri di Dayah Terpadu Jami’ah Azzanjabil Bireuen. Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif, pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis tematik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Strategi guru dalam meningkatkan kemampuan menghafal Alquran santri di Dayah Terpadu Jami’ah Azzanjabil Bireuen, yaitu: strategi <em>bĭĭ al-Nazhar, bĭĭ al-Tahfidh, bĭĭ al-Tasmi’, bĭĭ al-Taqrir dan bĭĭ al-Talaqqi.</em> (2) Kendala dan upaya guru dalam meningkatkan kemampuan menghafal Alquran santri di Dayah Terpadu Jami’ah Azzanjabil Bireuen, yaitu: kendala guru, keterbatasan waktu, jam mengajar yang sangat padat, dan kesehatan guru. Upaya guru, menyediakan waktunya bagi siswa yang ingin menyetorkan hafalannya, mengatur waktu, dan menjalani hidup sehat. Kendala santri, faktor internal: rasa malas dan hati yang tidak bersih. Faktor eksternal: kendala dari luar dan aktivitas yang padat. Upaya santri, memotivasi diri dan mengatur waktu. (3) Pencapaian guru terhadap kemampuan menghafal Alquran santri di Dayah Terpadu Jami’ah Azzanjabil Bireuen, yaitu: Wisuda Tahfidz santri yang mencapai target dan yang sudah khatam, juara musabaqah tunas Ramadhan (MTR) dan musabaqah tilawatil Qur’an (MTQ), beasiswa baitul mal Aceh dan beasiswa dinas dayah Bireuen.</p> Maulia Pinda Copyright (c) 2023 Journal of Contemporary Indonesian Islam https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://journal.iainlhokseumawe.ac.id/index.php/JCII/article/view/1539 Fri, 30 Dec 2022 00:00:00 +0000 Analisis Semiotika Pelaksanaan Hukuman Cambuk di Kabupaten Bireuen https://journal.iainlhokseumawe.ac.id/index.php/JCII/article/view/1273 <p>Pelaksanaan hukuman cambuk membawa pesan - pesan tertentu bagi siapa saja yang terlibat di dalamnya, berupa pesan moral dan pesan sosial yang berlandaskan syariat islam namun disampaikan kepada khalayak secara nonverbal. Penelitian ini mencoba menganalisis makna-makna dari pelaksanaan hukuman cambuk secara semiotika, makna – makna yang menjadi fokus dalam penelitian ini meliputi makna dari tempat pelaksanaan hukuman cambuk, makna alat yang digunakan untuk mencambuk, makna cara mencambuk dan makna dari bagian tubuh yang dicambuk. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Dengan metode analisis semiotika Roland Barthes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Hukuman Cambuk bukan saja merepresentasikan hukuman fisik, namun juga hukuman mental yang member efek jera kepada terpidana dan juga member pembelajaran bagi masyarakat yang lain. Selain itu, hukuman cambuk juga menunjukkan pesan bahwa agama Islam lebih mengutamakn pembelajaran dan kemaslahatan ummat dibandingkan penghukuman. Hukuman itu disyariatkan sebagai rahmat Allah bagi hamba-Nya dan sebagai cerminan dari keinginan Allah untuk ihsan (berbuat baik) kepada hamba-Nya.</p> Mursyidin Mursyidin Copyright (c) 2023 Journal of Contemporary Indonesian Islam https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://journal.iainlhokseumawe.ac.id/index.php/JCII/article/view/1273 Fri, 30 Dec 2022 00:00:00 +0000 The Implementation of Life Skills Education Integrated with Dayah Education https://journal.iainlhokseumawe.ac.id/index.php/JCII/article/view/1627 <p>Implementation of Life Skills Education Integrated with Dayah Education is still very little in Aceh, around 382 Dayah have implemented it. One of them is Dayah Syamsul Ma'rifah Al-Aziziyah Tangse, Pidie Regency, out of all 1177 dayahs in the Aceh region. Moving on from these problems, it can be formulated into three, namely; 1) How to implement Life Skills education that is integrated with Dayah Education for students at MAS Syamsul Ma‟rifah Al-Aziziyah Tangse, Pidie Regency. 2). What are the obstacles in implementing life education (Life Skills) for students. 3) What are the solutions in implementing education for life (Life Skills) for students at MAS Syamsul Ma‟rifah Al-Aziziyah Tangse. The research method used in this study is a qualitative method by carrying out a descriptive approach and field observation, as well as a study of relevant books. The results showed that; 1. The formulation of the problem of Implementation of Life Skills Education which is integrated with dayah education at MAS Syamsul Ma’rifah Al-Aziziyah Tangse, Pidie &nbsp;has been answered that has been going well. This can be seen from the time the talent search was carried out since the registration of new students. 2. Obstacles in implementing Life Skills Education which is integrated with dayah education at MAS Syamsul Ma’rifah Al-Aziziyah Tangse, Pidie &nbsp;rests on three main factors, namely; The first factor is insufficient funds in the procurement of raw materials, the second factor is the availability of insufficient time due to the busy time of morning study at school and evening recitation time and the last factor is the factor of instructors who do not have national standard competencies. 3. The solution in implementing Life Skills Education which is integrated with dayah education is also oriented to three main factors; The first factor is the funding solution sought by the Madrasah Head by allocating School Operational Cost funds. Approach with Board members solutions from Dayah Leaders, get credit from local, as well as seek financial assistance from online orders from instructors. The second factor is the small time allocation is the implementation of time training outside the morning study hours and evening reading hours, as well as optimizing vacation time for certain training. And the final solution regarding instructors has been agreed that reliable local instructors are the capital to make MAS Syamsul Ma’rifah Al-Aziziyah Tangse, Pidie &nbsp;students successful in the hereafter.</p> Amri Zainal Abidin Copyright (c) 2022 Journal of Contemporary Indonesian Islam https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://journal.iainlhokseumawe.ac.id/index.php/JCII/article/view/1627 Fri, 30 Dec 2022 00:00:00 +0000