RESPON SANTRI TERHADAP PENGUASAAN DAN PENDALAMAN MATA PELAJARAN FIQIH MATERI FARAIDH DI DAYAH AL-MUTTAQIN KECAMATAN KUTAMAKMUR
Main Article Content
Muslimin Muslimin
Muslimin. 2023. “Respon Santri Terhadap Penguasaan Dan Pendalaman Mata Pelajaran Fiqih Materi Faraidh Di Dayah Al-Muttaqin Kecamatan Kutamakmur”. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Respon santri terhadap penguasaan dan pendalaman mata pelajaran fiqih materi faraidh di Dayah Al-Muttaqin Kecamatan Kutamakmur. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif yaitu penelitian yang dimaksud untuk membuat diskripsi mengenai situasi-situasi kejadian-kejadian. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah (penelitian lapangan) observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian adalah Respon santri dalam penguasaan dan pendalaman mata pelajaran fiqih materi faraidh di Dayah Al-Muttaqin Kecamatan Kutamakmur bahwa santri dalam hal mempelajari ilmu faraid sebenarnya memiliki minat tetapi ada beberapa hal yang membuat santri susah untuk memahami pelajaran fiqih materi faraid tersebut hal ini dikarenakan dalam pembelajaran fiqih materi faraid terdapat materi khusus ataupun syarat-syarat tertentu yang tidak semua orang bisa memiliki minat tersebut yaitu ilmu matematika.
Abdurrahman an-Nahlawi, Prinsip-prinsip dan Metoda Pendidikan Islam dalam Keluarga, di Sekolah dan Masyarakat, Bandung: C.V Diponogoro, 1989.
Ahmad Tafsir, Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam, Bandung : Remaja Rosdakarya, 2005
Arifin dan Suyoto dalam Imron Arifin, Kepimpinan Kyai Kasus Pondok Pesantren Tebu Ireng, Malang: Kalimasyahadah Press, 1993.
Amin Husein Nasutin, Hukum Kewarisan Suatu Analisis Komparatif Pemikiran Mujtahid dan Kompilasi Hukum Islam, Jakarta: PT Raja Grafindo Perkasa, 2012.
Slameto, Proses Belajar Mengajar Dalm Sistem Kredit Semester SKS., Jakarta: Bumi Aksara, 1991.
Azhar M. Nur, Pengembangan Kurikulum Pendidikan Dayah, Yogyakarta: Grafindo Litera Media, 2011.
Burhan Bungin, Analisis Data Penelitian, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2007
Bashori Muchsin, dkk, pendidikan Islam Humanistik alternatif pendidikan pembebasan anak, Bandung : PT Refika Aditama, 2010.
Deddy Mulyana, Metode Penelitian Kualitatif, Cet. VII, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2010.
DEPAG RI, Pondok Pesantren dan Madrasah Diniyah Pertumbuhan dan Perkembangannya, Jakarta: Direktorat Jenderal Kelembagaan Agama Islam, 2003.
Departemen Agama RI, Pedoman Pondok Pesantren Salafiyah, Jakarta: Direktorat Pendidkan Diniyah dan Pondok Pesantren, 2009.
Isman, pengertian dan tujuan kegiatan pengayaan. http://www. Guru kelas. com /2012/07/ pengertian-dan-tujuan-kegiatan pengayaan.html diakses 30 November 2022, 2012.
Mulkeis, kontribusi penguasaan materi pelajaran dan kemampuan mengelola kelas terhadap efektifitas mengajar guru pendidikan agama islam di smp negeri se kota padang sidimpuan, program pasca sarjana institut agama islam negeri sumatera utara medan 2012.
Muhammad Ali, Guru dalam Proses Belajar Mengajar, cet. (Jakarta: Sinar Baru Algesindo, 1987.
Nurani Soyomukti, Ilmu Pendidikan Islam (IPI) jilid 1, Bandung : CV Pustaka Setia, 2005
Ade, Sanjaya, Model-Model Pembelajaran, Jakarta: PT Bumi Aksara, Tahun 2011
Nawawi, Sejarah dan Perkembangan Pesantren. Jurnal Studi Islam dan Budaya.
Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 000912 Tahun 2013 Tentang Kurikulum Madrasah 2013 Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab.
R. Ibrahim dan Nana Syaodih, Perencanaan Pengajaran, cet. 3 Jakarta: Rineka Cipta, 2010
Suharsono, Respon Peserta Didik Terhadap Pembelajaran Pai di Smp Negeri 2 Tarano-Sumbawa. Program studi magister pendidikan agama islam direktorat pascasarjana universitas muhammadiyah malang. Tahun 2022.
Saifuddin Dhuhri. Dayah dalam Tiga Fase Perkembangan. Jurnal Pencerahan Intelektual Muslim, Lhokseumawe: STAIN Malikussaleh, 2011.
Syaiful Bahri Djamarah dan Aswan Zain, Strategi Belajar Mengajar, cet. 2 Jakarta: Rineka Cipta, 1997.
T.M Hasbi Ash-Shidqy, Pengantar Hukum Islam, Jakarta: Bulan Bintang, 1996
Yunus Namsa, metodologi pengajaran agama islam, Ternate : pustaka Firdaus, 2000




