STRATEGI BRAND IMAGE DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN PADA LEMBAGA PENDIDIKAN SDIT BUNAYYA DI KOTA LHOKSEUMAWE
Main Article Content
Novi Hardiana Novi
The strategy of building brand image in improving the quality of education at SDIT Bunayya Lhokseumawe City and describing the strategy of maintaining brand image in improving the quality of education at SDIT Bunayya Lhokseumawe City. This type of research is qualitative research using a prescriptive approach. The data sources in this research are primary data and secondary data. The data collection method in this study is by conducting interviews, observation, and documentation. The steps used in this research consist of data reduction, data presentation, and conclusions. The data analysis method uses content analysis techniques. The results showed that, First, the strategy of building a brand image of SDIT Bunayya Educational Institution in Lhokseumawe City consists of: conducting SWOT analysis, building integration, differentiating, and having quality alumni. Second, the strategy to maintain the brand image of SDIT Bunayya Education Institution Lhokseumawe City consists of: carrying out accreditation, conducting evaluations, improving services and trust, and promoting the institution.
Abu Hasan Agus R and Barirotul Ummah. 2019. Strategi Image Branding Universitas Nurul Jadid Di Era Revolusi Industri 4.0. Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Islam 12, no. 1.
Akmal Mundiri. 2016. Strategi Membangun Branding Image Dalam Meningkatkan Daya Saing Lembaga Pendidikan. Jurnal Pedagogik: Jurnal Pendidikan 3. nomor 2.
Arcaro, S. J., 2007. Pendidikan Berbasis Mutu. Prinsip-prinsip Perumusan dan Tata Langkah Penerapan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Baharun, dkk. 2010. Manajemen Mutu Pendidikan Ikhtiar Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Madrasah Melalui Pendekatan Balanced Scorecard, Econosains Jurnal Online Ekonomi Dan Pendidikan. Vol. 8.
Bariah. 2021. Strategi Membangun Brand Image di Madrasah Ibtida’iyah (Mi) Yusuf Abdussatar Kediri Lombok Barat, Tesis: UIN Mataram.
Beritasman2.com. 2020. Komisi X: Kita sedang Menghadapi Darurat Pendidikan di Indonesia.
(https://sman2sampit.sch.id/berita/komisi-x-kita-sedang-menghadapi-darurat-pendidikan-di-indonesia, diakses 20 Januari 2023.)
Dokumen 1 SDIT Bunayya Kota Lhokseumawe (2021). Diperoleh pada tanggal 05 April 2023.
Dwiyama, Fajri. 2019. Brand Image: Upaya Memasarkan Pendidikan Bagi Lembaga Yang Kurang Mampu Bersaing. Adaara: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Volume 9. Nomor 2.
Fathul dan Tutik. 2020. School Branding (Strategi di Era Disruptif). Jakarta: Bumi Aksara.
Hasil observasi awal peneliti di SDIT Bunayya Kota Lhookseumawe, pada 11 November 2023 pukul 09.00 wib.
Hasil observasi di SDIT Bunayya Kota Lhookseumawe, pada 13 April 2023.
Hasil wawancara bersama bapak Dr. H. M Yusuf A. Samad, S.Pd.I., M.M., CHR.A. selaku pimpinan SDIT Bunayya Kota Lhokseumawe, pada 13 April 2023 pukul 09.30 wib.
Hasil wawancara bersama bapak Dr. Nurdin M. Daud, M.Pd. pada 15 April 2023 pukul 11.30 wib.
Hasil wawancara bersama Ustazah Syajaratuddur, S.Pd.I selaku guru sekaligus wakil kepala sekolah bidang kesiswaan SDIT Bunayya Kota Lhokseumawe pada 05 April 2023 pukul 11.30 wib.
Hasil wawancara bersama Ustadz Yusmadi, M.Pd, Kepala SDIT Bunayya Kota Lhokseumawe, pada 11 November 2023 pukul 10.30 wib.
Hasil wawancara bersama Ustazah Maulia, S.Pd. selaku Guru Kelas SDIT Bunayya Kota Lhokseumawe pada 13 April 2023 pukul 11.30 wib.
Hasil wawancara bersama Ustazah Rosdiana,S. Sos selaku Guru sekaligus TU SDIT Bunayya Kota Lhokseumawe pada 13 April 2023 pukul 11.30 wib.
Hasil wawancara bersama Ustazah Yusniati, S.E.,M.S.M. selaku guru kelas SDIT Bunayya Kota Lhokseumawe pada 3 April 2023 pukul 09.30 wib.
https://data-sekolah.sekolah-kita.net/kabupaten-kota/Kota%20Lhokseumawe_282/SD diakses pada 23 Juli 2022 pukul 13.30 wib.
https://siapsekolah.com/apa-bedanya-sd-biasa-dan-sd-it/ diakses pada 23 Juli 2022 pukul 13.30 wib.
https://tafsirweb.com/6592-surat-asy-syuara-ayat-181-183.html
Integrasi dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia online melalui (https://kbbi.web.id/integrasi) diakses pada 23 April 2023 pukul 16.17 wib.
Indrus Tofaynudin, Johan . 2023. Membangun Brand Image Dalam Meningkatkan Daya Saing Lembaga Pendidikan. Journal On Teacher Education Research & Learning in Faculty of Education Strategi. Volume 4. Nomor 3.
Manajemen Mutu, Teori Dan Aplikasi Pada Lembaga Pendidikan, n.d.
Mika Triana, Neni, dkk. 2022. Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan pada SMA Abdi Utama Kecamatan Barumun Kabupaten Padang Lawas. Jurnal Pendidikan Tambusai. Volume 6 No.1.
Mujtahidah, Nila. 2021. Srategi Sekolah dalam Membangun Brand Image Guna Meningkatkan Daya Saing. Tesis Malang: UIN Maulana Malik Ibrahim.
Munandar, Aris. 2020. Manajemen Strategik Dan Mutu Pendidikan Islam. NUR EL-ISLAM : Jurnal Pendidikan dan Sosial Keagamaan 6. Nomor 2.
Novianty Djafri and Abdul Rahmat, BUKU AJAR, n.d.
Pelayanan dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia online melalui (https://kbbi.web.id/pelayanan) diakses pada 20 April 2023 pukul 14.51 wib.
Rachman, Tahar, dan Dr. Syamsurijal Hasan S.P, “Membangun Brand image Sebagai Manajemen Strategi Dalam Upaya Meningkatkan Daya Saing Pada Lembaga Pendidikan.”
REPUBLIK INDONESIA, Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2016 Tentang Merk Dan Indikasi Geografis. 2020. Jakarta: Diperbanyak oleh PT. Armas Duta Jaya.
Septian, Rio. 2022. Manajemen Membangun Brand Image (Citra Sekolah) Dalam Upaya Meningkatkan Daya Saing Di SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Media Manajemen Pendidikan 4, no. 3
(https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/mmp/article/view/8926.)
Sallis, E., 2011. Total Quality Management in Education. Manajemen Mutu Pendidikan. Jogyakarta : IRCiSoD.
Maamarah, Siti. 2016. Strategi Peningkatan Mutu dan Citra (Image) Sekolah dasar negeri di ungaran, Semarang. Jurnal Manajemen Pendidikan Vol 3, no. 1.
Strategi dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia online melalui https://kbbi.web.id/strategi diakses pada 26 November 2022 pukul 15.50 wib.
Undang-undang Republik Indomesia Nomor 2 Tahun 1989 tentang Sistem Pendidikan Nasional. “Introduction and Aim of the Study,” Acta Pædiatrica 1990. Jakarta: Diperbanyak oleh PT. Armas Duta Jaya.
Wijaya, David. 2016. Pemasaran jasa pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Yunaida. 2019. Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Dan Loyalitas Pasien Rumah Sakit Citra Medika Depok.
Yeni Utami, Munifah. 2022. Strategi Brand Image Di Sekolah Dasar Islam Terpadu Luqman AL Hakim Tesis: Universitas Muhammadiyah Magelang.




