EVALUASI IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 BIDANG STUDI FIKIH DALAM PENCAPAIAN UJIAN MADRASAH PADA KELAS 9 DI MTSN 4 PIDIE
Main Article Content
Khairiah Khairiah
Syarifah Rahmah
Saifuddin Dhuri
Kurikulum 2013 telah lama diterapkan di MTsN 4 Pidie. Namun dalam prosesnya, tidak sedikit hambatan yang ditemui baik dari segi implementasi hingga evaluasi. Rumusan penelitian ini, (1) Bagaimanakah implementasi kurikulum 2013 yang dilakukan di MTsN 4 Pidie pada bidang studi fikih dalam mencapai ujian madrasah. (2) Bagaimanakah evaluasi implementasi, dan (3) Apa saja kendala yang dihadapi. Tujuan dari penelitian pertama, mengetahui Implementasi kurikulum 2013 pada dengan bidang studi fikih dalam mencapai ujian madrasah, kedua Evaluasi implementasi kurikulum 2013, ketiga kendala apa saja yang dihadapi. Jenis penelitian adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, interview dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui reduksi, penyajian, dan kesimpulan. Hasil penelitian dalam implementasi kurikulum 2013 pada bidang studi fikih di kelas 9 MTsN 4 Pidie dalam pencapaian ujian madrasah berbeda-beda setiap kelas dalam penggunaan metode. Guru menggunakan metode ceramah, demontrasi, dan tanya jawab. Evaluasi implementasi Kurikulum terdiri dari beberapa aspek, seperti sikap (spiritual dan sosial), pengetahuan, dan keterampilan. Observasi penialain sikap siswa diperoleh dari penilaian karakter. Kognitif, melalui nilai harian, tengah semester, dan akhir semester. Psikomotorik dilihat berdasarkan unjuk kerja atau portofolio. Selain itu, guru diharapkan untuk mampu menggeser paradigma lama yaitu mengukur kompetensi berdasarkan hasilnya saja, dengan menuju evaluasi autentik. Untuk penilaian berdasarkan dari rekapan nilai ujian (AMBK) sudah memenuhi standar KKM dan standar kelulusan bagi siswa kelas 9. Kendala yang dihadapi guru fikih dalam implementasi Kurikulum 2013 di Kelas 9 MTsN 4 Pidie dalam pencapaian ujian madrasah pertama, kurang maksimalnya pelatihan kurikulum 2013 oleh guru. Kedua, sarana dan prasarana yang kurang mendukung seperti buku pegangan guru, media pembelajaran yang belum lengkap dan belum adanya Laboratorium agama untuk praktek.. Ketiga, Proses evaluasi yang rumit karena banyaknya bentuk evaluasi yang harus dilakukan oleh guru mulai dari aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik.
Kata kunci: implementasi, evaluasi, kendala, fikih, kurikulum 2013.
Fahrudin, dkk, Implementasi Kurukulum 2013 Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Dalam Menanamkan Akhlakul Karimah Siswa, Edu Riligia, Vol. 1 No.14, 2017.
Margono. Metode Penelitian Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta, 2004.
Lexy J. Moleong, Metodelogi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosda Karya, 2005.
Purwanto Ngalim, Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran, Bandung :PT. Remaja Rosdakarya, 2012.
Purwanto, Evaluasi Hasil Belajar, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2009
Sarinah, Pengantar Kurikulum, Yogyakarta: CV Budi Utama, 2015.
Lise Camisijiatin, Fendi Hardian Permana, Telaah Kurikulum, (Malang: Universtitas Muhammadiyah Malang, 2020.
Apriyani Lisnawati Mowendu, Evaluasi Implementasi Kurikulum 2013 pada Mata Pelajaran Matematika Di SMP Negeri”. Jurnal Manajemen Pendidikan, Vol. 6, No.1, Januari – Juni 2019




