Kreatifitas Guru dalam Mengembangkan Inovasi Pembelajaran Pada Materi Shalat Jum’at di MTSN 5 Aceh Utara

Authors

  • Rina Hastari Institut Agama Islam Negeri Lhokseumawe
  • Aisyah Maawiyah Institut Agama Islam Negeri Lhokseumawe

DOI:

https://doi.org/10.47766/jcii.v1i1.1260

Keywords:

Inovasi Pembelajaran, Kreativitas Guru, Materi Ajar, Sholat Jum'at

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui  permasalahan pada pendidik yang kurang kreatif dalam mengajarkan tentang shalat jum’at di sekolah. Metode penelitian yang dilaksanakan adalah metode kualitatif. subjek penelitian dalam penelitian ini adalah guru fikih dan kepala sekolah. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data adalah dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1) Kreatifitas Guru dalam Mengembangkan Inovasi Pembelajaran pada media pembelajaran dalam materi salat jumat dilakukan dengan cara mengaplikasikan media-media yang ada disekolah yang dapat menunjang proses pembelajaran. Inovasi guru fikih dalam pengunaan metode dalam khutbah jumat kepada siswa dilakukan dengan metode konvensional ceramah, observasi, metode  diskusi, metode demonstrasi. 2)Langkah-langkah kreatifitas guru dalam mengembangkan inovasi pebelajaran pada materi shalat jum’at, yaitu merancang dan menyiapkan bahan ajar yang akan dilakukan para guru saat kegiatan belajar mengajar dimulai. 3) Upaya apa saja yang dilakukan dalam meningkatkan kreatifitas guru dalam mengembangkan inovasi pembelajaran pada materi shalat jum’at, yaitu Meningkatkan kualitas inovasi pembelajaran dapat di lakukan dengan cara mengirim guru agama setiap bulannya untuk mengikuti penataran yang di adakan Departemen Agama yang bertujuan untuk meningkatkan keahlian dan keterampilan sesuai dengan kemajuan dan perkembangan ilmu pengetahuan.

References

Alwasliyah, A. C. (2017). Pokoknya Kualitatif, Dasar-Dasar Merancang dan Melakukan Penelitian Kualitatif (3rd ed.). Pustaka Jaya.

Arikunto, S., Suhardjono, & Supardi. (2015). Penelitian Tindakan Kelas (Edisi Revisi). Bumi Aksara.

Armansyah, A., Prasetyo, M. A. M., & ... (2020). Peran Kepala Sekolah dalam Implementasi Kurikulum 2013 di SMA Negeri 4 Kota Lhokseumawe. IDARAH: Jurnal Pendidikan Dan Kependidikan, 4(1), 88–100. https://doi.org/10.47766/idarah.v4i1.1035

Baedowi, A. (2015). Manajemen Sekolah Efektif: Pengalaman Sekolah Sukma Bangsa. Pustaka Alvabet.

Beare, H., Caldwell, B. J., & Millikan, R. H. (2018). Creating an Excellent School. Routledge. https://doi.org/10.4324/9781351041546

Cresswell, J. W. (2012). Educational Research, Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research. Pearson Merrill Prentice Hall.

Day, C. (Ed.). (2012). The Routledge International Handbook of Teacher and School Development. Routledge. https://doi.org/10.4324/9780203815564

Duan, X., Du, X., & Yu, K. (2018). School Culture and School Effectiveness: The Mediating Effect of Teachers’ Job Satisfaction. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 17(5), 15–25. https://doi.org/10.26803/ijlter.17.5.2

Emzir, M. (2013). Metodologi Penelitian Pendidikan: Kuantitatif dan Kualitatif. Jakarta: Rajawali Pers.

Habibi, S. (2016). Metode Variatif Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di Sekolah Dasar Negeri (SDN) 19/VIII Punti Kalo Kabupaten Tebo. Jurnal Pendidikan Islam, 241–266.

Habibi, S. (2020). Manajemen Strategi dalam Meningkatkan Efektivitas Pengelolaan Perguruan Tinggi. Idarah (Jurnal Pendidikan Dan Kependidikan), 4(1), 27–42. https://doi.org/10.47766/idarah.v4i1.811

Hasan, M. I. (2002). Pokok-Pokok Materi Metodologi Penelitian dan Aplikasinya. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Husaini, H. (2018). Strategi Guru Agama Islam dalam Pembinaan Akhlakul Karimah Siswa SMA Negeri I Bukit Kabupaten Bener Meriah. Idarah (Jurnal Pendidikan Dan Kependidikan), 2(1), 1–18.

Jauhar, M. (2011). Implementasi Paikem dari Behavioristik sampai konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustakaraya, 76, 181.

Mahidin, L. (2018). Kebijakan Pendidikan Islam di Indonesia: Analisis Kebijakan Pendidikan Islam Dalam UU Sisdiknas NO. 20 Tahun 2003 Serta Implikasinya Terhadap Kemajuan Pendidikan Agama Islam di Indonesia. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Mahmud, A. (2019). Principle of Madrasah Head Management in Realizing Effective Madrasah. International Conference of Moslem Society, 3, 218–228. https://doi.org/10.24090/icms.2019.2431

Mardiana, D., & El-Rumi, U. (2022). The Development of Students’ Self-Regulated Learning Through Online Learning Design. TARBIYA: Journal of Education in Muslim Society, 8(2), 119–134. https://doi.org/10.15408/tjems.v8i2.22804

Minarni, A. (2021). Peran Guru Agama Islam dalam Menanamkan Moderasi Beragama. Bacaka: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1), 64–73.

Mubarok, Ardela, G., & Muslihah, E. (2022). Peran Guru Pendidikan Agama Islam Membentuk Sikap Keberagaman dan Moderasi Beragama. Geneologi PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 9(1), 115–130. https://doi.org/https://doi.org/10.32678/geneologipai.v9i1.6616

Muhammad Ilham, & Yuniarti, Y. (2022). Implementation of Management Information Systems to Enhance Educational Quality. Idarah (Jurnal Pendidikan Dan Kependidikan), 6(1), 15–26. https://doi.org/10.47766/idarah.v6i1.177

Muller, T., Herder, S., Adamson, J., & Brown, P. S. (2012). Innovating EFL Teaching in Asia. Springer.

Nata, A. (2016). Ilmu pendidikan islam. Prenada Media.

Rahmah, S., Prasetyo, M. A. M., & ... (2022). Urgensitas Nilai Pendidikan Agama Islam dan Lingkungan Pendidikan dalam Membentuk Budaya Religius. HIKMAH: Jurnal Pendidikan Islam, 11(1), 116–133. https://doi.org/10.55403/hikmah.v11i1.321

Runco, M. A., & Jaeger, G. J. (2012). The Standard Definition of Creativity. Creativity Research Journal, 24(1), 92–96. https://doi.org/10.1080/10400419.2012.650092

Ruslan, R. (2018). Metode Penelitian Public Relation dan Komunikasi. Rajawali Press.

Sugiyono, P. D. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. In Bandung: CV Alfabeta. CV. Alfabeta.

Supriadi, & Supardi. (2015). Sekolah Efektif, Konsep Dasar dan Praktiknya, Cet. Ke-2 (2nd ed.). Raja Grafindo Persada.

Syaefudin, U. (2009). Pengembangan Profesi Guru. Bandung: Alfabeta.

Syarifuddin. (2018). Guru Profesional: Dalam Tugas Pokok dan Fungsi (Tupoksi). Al Amin: Jurnal Kajian Ilmu Dan Budaya Islam, 1(1), 64–84.

Tan, C., & Ng, C. S. L. (2020). Cultivating Creativity in a High-Performing Education System: The Example of Singapore. Journal of Curriculum and Pedagogy, 1–20. https://doi.org/10.1080/15505170.2020.1808126

Zhang, H., Li, F., & Reynolds, K. J. (2020). Creativity at Work: Exploring Role Identity, Organizational Climate and Creative Team Mindset. Current Psychology, 1–8.

Downloads

Published

2022-06-30