Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengembangkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa di SMP Negeri 3 Meurah Mulia

Authors

  • Rawiah Rawiah Madrasah Ibtidaiyah Negeri 13 Aceh Utara
  • M Daud Al Husaini Institut Agama Islam Negeri Lhokseumawe
  • Mahdalena Mahdalena Institut Agama Islam Negeri Lhokseumawe

DOI:

https://doi.org/10.47766/jcii.v1i1.1258

Keywords:

Membaca Al-Qur'an, Pendidikan Agama Islam, Peran Guru

Abstract

Tujuan penelitian ini menjelaskan kemampuan membaca Alqur’an siswa, menerangkan peran guru pendidikan agama Islam, dan untuk menemukan faktor pendukung dan penghambat guru pendidikan agama Islam dalam mengembangkan kemampuan membaca Alqur’an siswa di SMP Negeri 3 Meurah Mulia. Penelitian kualitatif dengan pendekatan sosiologi pendidikan dengan subjek penelitian kepala sekolah, guru pendidikan agama Islam dan siswa SMP Negeri 3 Meurah Mulia. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara,tes dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan  reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil Penelitiannya yaitu 1. Kemampuan membaca Alqur’an siswa menunjukkan dari 18 siswa 2 diantaranya kurang mampu membaca Alqur’an, 5 lainnya sudah cukup mampu, selebihnya mendekati sempurna bahwa kemampuan membaca Alquran siswa sudah sangat baik. 2. Peran guru pendidikan agama Islam dalam mengembangkan kemampuan membaca Alqur’an siswa meliputi Guru menanamkan rasa cinta Alqur’an dalam diri siswa, Guru Sebagai pengajar, pembimbing, motivator, dan penilai. 3.Faktor pendukung dan penghambat guru Pendidikan Agama Islam dalam mengembangkan kemampuan membaca Alqur’an siswa di SMP Negeri 3 Meurah Mulia: a. Faktor pendukung meliputi; Pihak sekolah mengembangkan kemampuan membaca Alqur’an siswa berupa kegiatan ekstrakurikuler yaitu tahsin dan tahfidz, minat dan semangat siswa dalam belajar Alqur’an, adanya dukungan keluarga, sarana dan prasarana yang memadai, dan dukungan masyarakat. b. Faktor penghambat meliputi; siswa yang masih kurang motivasi, masalah keluarga, siswa berkemampuan rendah, kurangnya konsentrasi siswa saat guru mengajarkan Alqur’an, dan waktu yang tersedia kurang mencukupi.

References

Agama, D. (2011). Al-Huda, Al-Qur’an dan Terjemahannya.

Arsyad, J., & Arfah, H. (2020). Modernization of Professional Development of Islamic Education Teachers in Indonesia. ITQAN: Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan, 11(2), 111–137.

Darimi, I. (2015). Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru PAI dalam Pembelajaran. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 5(2), 309–324.

Evertson, C. M., & Emmer, E. T. (2012). Classroom Management for Elementary Teachers (9th Edition). Pearson Education.

Hafnidar, H., Mansor, R., & Nichiappan, S. (2020). The Implementation of Role of Kuttab Al-Fatih (KAF) Philosophy in Islamic Character Education. Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam, 13(2), 235–250. https://doi.org/10.21580/nw.2019.13.2.5184

Hasil Wawancara dengan Ibu Saidah, Guru Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 3 Meurah Mulia, tanggal 15 Februari 2022.

Hasil wawancara dengan Ibu Habidah, Guru Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 3 Meurah Mulia, tanggal 9 Maret 2022.

Hasil wawancara dengan Nanda Sofia kelas IX-I Siswi SMP Negeri 3 Meurah Mulia, tanggal 15 Februari 2022.

Hasil Wawancara dengan Ibu Jasmani , selaku kepala sekolah tanggal 12 Februari 2022.

Hasil wawancara dengan Ibu Ainul Mardhiah, Guru pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 3 Meurah Mulia, tanggal 15 Februari 2022.

Hasnadi, H. (2019). Penerapan Nilai-Nilai Karakter Melalui Budaya Sekolah. Idarah (Jurnal Pendidikan Dan Kependidikan), 3(2), 56–70. https://doi.org/10.47766/idarah.v3i2.562

Maherah, R. (2020). Peranan Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Sikap Keagamaan Pada Siswa. At-Ta’lim: Media Informasi Pendidikan Islam, 19(1), 209–232. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.29300/attalim.v19i1.2433

Manizar, E. (2015). Peran Guru Sebagai Motivator dalam Belajar. Tadrib, 1(2), 204–222.

Nata, A. (2016). Pendidikan dalam Perspektif Al-Qur’an. Prenada Media.

Nata, H. A. (2012). Manajemen Pendidikan: Mengatasi Kelemahan Pendidikan Islam di Indonesia. Kencana.

Rahmah, S., Prasetyo, M. A. M., & ... (2022). Urgensitas Nilai Pendidikan Agama Islam dan Lingkungan Pendidikan dalam Membentuk Budaya Religius. HIKMAH: Jurnal Pendidikan Islam, 11(1), 116–133. https://doi.org/10.55403/hikmah.v11i1.321

Salabi, A. S. (2021). Konstruksi Keilmuan Islam (Studi Pemikiran Ibnu Rusyd tentang Ontologi dan Epistimologi). ITQAN: Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan, 12(1), 47–66. https://doi.org/10.47766/itqan.v12i1.188

Shihab, M. Q. (2011). Membumikan Al-Qur’an Jilid 2 (Vol. 2). Lentera Hati Group.

Tobroni. (2015). Pendidikan Islam, Dari Dimensi Paradigma Teologis, Filosofis dan Spiritualis Hingga Dimensi Praktis Normatif (1st ed.). Mitra Wacana Media.

Wahyuni, N. (2019). Manajemen Kelas Berbasis Syari’at dalam Pembentukan Akhlak Karimah di Madrasah Aliyah Mu’allimin Mu’allimat Atas Bahrul Ulum Tambakberas Jombang. UIN Sunan Ampel Surabaya.

Yuzar, E. (2022). Classroom Evaluation: Learners’ Perspectives on The Teaching Approach in A Second Language Writing Course. JETLEE: Journal of English Language Teaching, Linguistics, and Literature, 2(2).

Downloads

Published

2022-06-30