Peningkatan Pelajaran IPA Materi Cahaya Model Pembelajaran Cooperative Learning Berbantukan Media Pembelajaran (Kartu Index)

Authors

  • Farah Mutia SMP Negeri 4 Baktiya Aceh Utara

DOI:

https://doi.org/10.47766/jcii.v1i1.1253

Keywords:

Cooperative Learning, Efektivitas Pembelajaran, Ilmu Pengetahuan Alam, Media Kartu Index

Abstract

Efektivitas pembelajaran ditentukan oleh penggunaan media. Cooperative learning merupakan salah satu model pembelajaran yang inovatif. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan implementasi pembelajaran koperatif menggunakan media pembelajaran kartu indeks pada mata pelajaran IPA. Penelitian juga mendeskripsikan secara empiris bahwa media pembelajaran kartu indeks mampu meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi cahayapelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Paradigma dalam penelitian berjenis kuantiatif tindakan kelas. Hasil penelitian menunjukkan (1) penerapan penelitian dengan metode Cooperative Learning berbantukan kartu indeks  pada pembelajaran IPA  materi cahaya di kelas VIII/ B di SMP Negeri 4 Baktiya  dimulai dari do’a dan absensi, apersepsi dilanjutkan guru membagi kelompok, Melakukan percobaan sesuai LK, guru memberikan tugas kepada semua kelompok untuk berdiskusi dengan menyelesaikan LKS yang diberikan guru, setelah diskusi selesai guru mempersilahkan setiap kelompok untuk mempresentasikan dan mengomentari kelompok lain, guru memberikan penghargaan dengan cara menampilkan kelompok terbaik di papan tulis, dan terakhir guru mengajak semua untuk berdoa bersama; (2) Hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA materi cahaya menggunakan model cooperative learning berbantukan kartu indeks di kelas  VIII B SMPN 4 Baktiya  mengalami peningkatan setiap siklusnya Hal ini ditunjukkan dengan meningkatnya ketuntasan klasikal pada silkus I yaitu (64,00 %) dan disiklus II  yaitu (88,00%) dan nilai rata-rata pada siklus I yaitu (70,4%) dan disiklus II yaitu (91,2%).  Hal tersebut juga dapat dilihat dari hasil peningkatan keaktifitasan siswa dalam setiap siklus,siklus I (68,00% )dan di sklus II yaitu (92,00%).

References

Alfiani, D. A., & Sopiyani, S. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V di SD Negeri 1 Tersana Kecamatan Pabedilan Kabupaten Cirebon. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 1(1). https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v1i1.459

Bjørke, L., & Mordal Moen, K. (2020). Cooperative Learning in Physical Education: a Study of Students’ Learning Journey Over 24 Lessons. Physical Education and Sport Pedagogy, 25(6), 600–612. https://doi.org/10.1080/17408989.2020.1761955

Bores-García, D., Hortigüela-Alcalá, D., Fernandez-Rio, F. J., González-Calvo, G., & Barba-Martín, R. (2021). Research on Cooperative Learning in Physical Education: Systematic Review of the Last Five Years. Research Quarterly for Exercise and Sport, 92(1), 146–155. https://doi.org/10.1080/02701367.2020.1719276

Casey, A., & Goodyear, V. A. (2015). Can Cooperative Learning Achieve the Four Learning Outcomes of Physical Education? A Review of Literature. Quest, 67(1), 56–72. https://doi.org/10.1080/00336297.2014.984733

Elda, S. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Pertanyaan Yang Ditanam Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ipa Kelas VI.C Sd Negeri 024 Tarai Bangun Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar. JURNAL PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 1(1), 60. https://doi.org/10.33578/pjr.v1i1.4370

Fahmi, A. K. R., Safitri, A. M. N., Ratri, D. K., Argadinata, H., & Faraasyatul‘Alam, G. (2020). Curriculum and Learning Innovation COVID-19 Pandemic Situation at Surya Buana Modern Islamic Boarding School Malang, Indonesia. 1st International Conference on Information Technology and Education (ICITE 2020), 381–385.

Fatma, N., & Ichsan. (2022). Penerapan Media Pembelajaran Genially untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA di SD Muhammadiyah. Genderang Asa: Journal of Primary Education, 3(2), 50–59. https://doi.org/10.47766/ga.v3i2.955

Hero, L.-M., Pitkäjärvi, M., & Matinheikki-Kokko, K. (2021). Validating an Individual Innovation Competence Assessment Tool for University–Industry Collaboration. Industry and Higher Education, 35(4), 485–496. https://doi.org/10.1177/09504222211017447

Indrajaya, I. (2015). Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Index Card Match Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Fungsi Komposisi Dan Fungsi Invers di MAN 1 Mataram. Media Pendidikan Matematika, 3(2), 89–93. https://doi.org/https://doi.org/10.33394/mpm.v3i2.1831

Israil, I. (2019). Implementasi Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe STAD untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA di SMP Negeri 1 Kayangan. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 5(2), 117. https://doi.org/10.33394/jk.v5i2.1807

Jannah, D. M., Hidayat, M. T., Ibrahim, M., & Kasiyun, S. (2021). Pengaruh Kebiasaan Belajar dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3378–3384. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1350

Kainati, S. (2023). Improving Students’ Learning Outcomes through Jigsaw Method: A Classroom Action Research at SMPN 8 Satap Woja. JETLEE : Journal of English Language Teaching, Linguistics, and Literature, 3(1), 7–12. https://doi.org/10.47766/jetlee.v3i1.671

Nirwanto, B. G., & Fathurrohman, I. (2021). Media Puzzle Berbantu Augmented Reality pada Muatan Pelajaran IPA Tema Ekosistem. 9(2), 275–283.

Pambudi, B., Efendi, R. B., Novianti, L. A., Novitasari, D., & Ngazizah, N. (2019). Pengembangan Alat Peraga IPA dari Barang Bekas untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Pemahaman Siswa Sekolah Dasar. Indonesian Journal of Primary Education, 2(2), 28. https://doi.org/10.17509/ijpe.v2i2.15097

Patriah, S. (2022). Hubungan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Index Card Match Terhadap Motivasi Belajar Quran Hadist Siswa Kelas VII di MTs Al-Fathimiyah Karawang. Jurnal Ilmiah Iqra’, 16(1), 1. https://doi.org/10.30984/jii.v16i1.1300

Purwanti, S., & Saputri, N. D. (2020). Efektivitas Model Cooperative Learning Tipe Make A Match Terhadap Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas V SD Muhammadiyah Karangploso. Taman Cendekia: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 4(1), 445–451. https://doi.org/10.30738/tc.v4i1.7286

Rahma, A., & Haviz, M. (2022). Implementation of Cooperative Learning Model with Make A Match Type on Students Learning Outcomes in Elementary School. Journal of Islamic Education Students (JIES), 2(2), 58. https://doi.org/10.31958/jies.v2i2.5593

Rahmah, S., & Ilham, M. (2022). Management of Students’ Religious Culture. Development: Studies in Educational Management and Leadership, 1(1), 39–54. https://doi.org/https://doi.org/10.47766/development.v1i1.644

Rahmatullah, M. (2016). The Relationship between Learning Effectiveness, Teacher Competence and Teachers Performance Madrasah Tsanawiyah at Serang, Banten, Indonesia. Higher Education Studies, 6(1), 169–181.

Rubiana, E. P., & Dadi, D. (2020). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Motivasi Belajar IPA Siswa SMP Berbasis Pesantren. Bioed : Jurnal Pendidikan Biologi, 8(2), 12. https://doi.org/10.25157/jpb.v8i2.4376

Setiawaty, S., Fatmi, N., Rahmi, A., Unaida, R., Fakhrah, Hadiya, I., Muhammad, I., Mursalin, Muliana, Rohantizani, Alchalil, & Sari, R. P. (2018). Science, Technology, Engineering, and Mathematics (Stem) Learning on student’s science Process Skills and Science Attitudes. Emerald Reach Proceedings Series, 1, 575–581. https://doi.org/10.1108/978-1-78756-793-1-00036

Shaffer, M. L. (2019). Impacting Student Motivation: Reasons for Not Eliminating Extracurricular Activities. Journal of Physical Education, Recreation & Dance, 90(7), 8–14. https://doi.org/10.1080/07303084.2019.1637308

Downloads

Published

2022-12-31