Penerapan Alat Peraga Tangan untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Materi Trigonometri di SMAN 5 Lhokseumawe
DOI:
https://doi.org/10.47766/almabhats.v6i2.916Keywords:
Alat Peraga Tangan, Efektivitas Pembelajaran, Minat Siswa, Model Pembelajaran, TrigonometriAbstract
Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan karena dilatarbelakangi observasi awal yang menunjukan masih banyaknya siswa yang masih memperoleh nilai dibawah KKM. Oleh karena itu maka penerapan alat peraga tangan menjadi salah satu alternatif yang diupayakan untuk meningkatkan minat belajar siswa pada materi trigonometri d kelas X IPA 3 SMA Negeri 5 Lhokseumawe. Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan minat belajar siswa dengan Penerapan Alat Peraga Tangan Pada Materi Trigonometri di kelas X IPA 3 Semester Genap SMA Negeri 5 Lhokseumawe Tahun Ajaran 2019/2020 dan untuk Mengetahui aktivitas siswa dalam pembelajaran matematika dengan Penerapan Alat Peraga Tangan untuk meningkatkan Minat belajar siswa Pada Materi Trigonometri di kelas X IPA 3 Semester Genap SMA Negeri 5 Lhokseumawe Tahun Ajaran 2019/2020. Motode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan sesuai dengan rancangan penelitian model Hopkins yang diawali dengan tindakan pendahuluan kemudian dilanjutkan perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian dilakukan sebanyak 2 siklus. Hasil evaluasi pada siklus I masih belum tuntas, sehingga dilakukan perbaikan pada siklus II. Refleksi siklus I dilakukan untuk menentukan langkah-langkah perbaikan pada siklus II. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X IPA 3 Semester Genap SMA Negeri 5 Lhokseumawe Tahun Ajaran 2019/2020, dengan jumlah 28 siswa, terdiri dari 14 siswa laki- laki dan 14 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi, dan angket.
References
Ayu.2018.Upaya Meningkatkan Minat Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Snowball Throwing pada Mata Pelajaran PKN, Medan: UIN Sumut
Rusman.2017. Belajar & Pembelajaran: Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Yusuf, M.2017. Metode Penelitian Kualitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Kencana: Jakarta
Hosnan.2016.Pendekatan Saintifik dan Konstektual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia.
Sudaryono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Kencan Rusman.2013.Model-Model Pembelajaran. Depok: Raja Grafindo Persada.
Slameto.2010. Belajar & Faktor-Faktor yang Mempengaruhi, Jakarta: PT Rineka Cipta.
Kunandar.2011.Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas sebagai Pengembang Profesi Guru, Jakarta : PT.Raja Grafindo persada. Suharsimi, A.2007. Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta : PT. Bumi Aksara.
Asep Jihad dan abdul Haris.2008. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta : Multi Presindo
Djamarah.2006.Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: PT Rineka Cipta. Ardhiyanti,R.Penerapan Alat Peraga Jari Untuk Menentukan Nilai Perbandingan Trigonometri Sudut-Sudut Istimewa Dalam Pembelajaran Matematika. https://www.kompasiana.com/rizkyardiyanthi/597158b92bbb13456 b021af2/penerapan-alat-peraga-jari-untuk-menentukan-nilai- perbandingan-trigonometri-sudut-sudut-istimewa-dalam- pembelajaran-matematika?page=all&page_images=2.diakses 21 juli 2017.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Al Mabhats : Jurnal Penelitian Sosial Agama
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.