Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa XII IPS 2 SMA Negeri 5 Lhokseumawe melalui Model Pembelajaran Mind Mapping

Authors

  • Nurasni Nurasni SMA Negeri 5 Lhokseumawe

DOI:

https://doi.org/10.47766/almabhats.v6i2.915

Keywords:

Efektivitas Pembelajaran, Hasil Belajar, Mind Mapping, Model Pembelajaran

Abstract

Penelitian ini untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa XII IPS 2 pelajaran geografi materi peta melalui model pembelajaran mind mapping di SMA Negeri 5 Lhokseumawe. Subyek penelitian adalah siswa kelas XII IPS 2 berjumlah 29 orang. Metode penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan jenis tindakan yang dilaksanakan dalam penelitian ini mengikuti model yang dikemukakan oleh Sudjana. Perencanaan tindakan ini terdiri dari: (1) tahapan perencanaan atau planing; (2) tahapan pelaksanaan atau action; (3) tahapan observasi/observation; (4) tahapan refleksi/reflective. Hasil penilaian penelitian tindakan kelas menunjukan pembelajaran model mind mapping dapat meningkatkan kemampuan siswa SMA Negeri 5 Lhokseumawe tentang materi peta. Siklus I ditemukan: (1) nilai rata-rata kemampuan siswa materi peta pembelajaran model mind mapping memperoleh rata-rata nilai 79.90 kategori cukup, artinya belum mencapai tingkat ketercapaian tindakan; dan (2) nilai rata-rata observasi pelaku tindakan oleh observer adalah 96,25 kategori amat baik, artinya 3,75% mencapai sempurna. Siklus II ditemukan, telah mencapai kriteria keberhasilan tindakan dengan nilai rata-rata 89,49 kategori baik, artinya rata- rata nilai telah mencapai kriteria ketercapaian tindakan, dan tidak perlu dilanjutkan pada siklus berikutnya. Kesimpulan penelitian menunjukan terdapat peningkatan yang signifikan terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran geografi materi peta melalui pembelajaran model mind mapping

References

Arends, (2004), Learning ti Teach. Sixth Editio, New Yotk dan San Francisco: McGraw-Hill Companies Inc.

Arikunto, Suharsimi, (2010), Prosudur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis, Jakarta: PT Rineka Cipta.

Arikunto, (1990), Organisasi dan Administrasi Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Jakarta: Grafindo Persada.

Badaruddin, (2011), Konsep Dasar Pembuatan RPP, (Online), (http://ayahalby.wordpress.com/2011/02/23/konsep-dasar- pembuatan-rpp/, diakses 18 Oktober 2012).

Darmadi, Hamid, (2009), Kemampuan Dasar Mengajar, Bandung: Alfa Beta.

Dedi Supriadi, (1999), Mengangkat Citra dan Martabat Guru, Yogyakarta: Adicita Karya Nusa.

Dimyati dan Mudjiono, (1999), Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Rineka Cipta.

Easy Learning, (5Juni 2009), Pentingnya Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) atau Lesson Plan dalam Pengajaran, (Online), (http://liph-easy- learning.blogspot.com/2009/06/pentingnya-penyusunan- rencana.html, diakses 15 Oktober 2010).

Emzir, (2007), Metodologi Penelitian Pendidikan, PT Raja Grafindo Persada Jakarta.

Fathurrohman, Pupuh, (2011), Strategi Belajar Mengajar, Bandung: Redika Aditama

Hamid Darmadi. (2010), Kemampuan Dasar Mengajar Landasan Konsep dan Implementasi, Bandung: Alfa Beta.

H.A.R Tilaar, (1999), Beberapa Agenda Reformasi Pendidikan Nasional: Dalam Perspektif Abad 21, Magelang: Tera Indonesia.

Husaini Usman, (2006), Manajemen Teori, Praktik, dan Riset Pendidikan. Yogyakarta: Bumi Aksara.

Ibrahim, M., Fida R., Mohamad Nur dan Ismono, (2005), Pembelajaran Kooperatif, Surabaya: PSMS UNESA.

Joyce, B, (1985), Theory Driver and Naturalistic Research As Sources Of Teaching Skill: A Classification Paper Presented At The Annual Meeting, Chicago: Of The American Educational Research Association.

Joyce, B dan Weil, (2000), Models of Teaching, Boston: Allyn and Bacon.

Kantiti Zone, (24 Nov 2010), Model-model Pembelajaran, (Online) http://kantiti0710.blog.uns.ac.id/2010/11/model-model- pembelajaran-di-sekolah-dasar/, diakses 16 Oktober 2012.

Kardi, S., dan M.Nur, (2004), PengajaranLangsung,Strategi Dan Model- ModelPembelajaran Bahasa Indonesia Di Sekolah Dasar.Surabaya: PSMS UNESA.

Koyan, (2003), Ilmu dan Aplikasi Penilaian, Jakarta: Grasindo (Online)http://dc376.4shared.com/doc/kAZifX6e/preview.h tml, diakses 7 Agustus 2011.

Maleong, (2002), Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Margono, S. (2010), Metodologi Penelitian Pendidikan, Semarang: Rineka Cipta.

Miles, M.B., & Huberman, A.M., (1992). Analisis Data Kualitatif, terjemahan oleh Tjetjep Rohidi. Jakarta: UI Press.

Muhammad Surya, (2003), Percikap Perjuangan Guru, Semarang: CV Aneka Ilmu.

Mulyasa, (2003), Kurikulum Berbasis Kompetensi: Konsep, Karakteristik dan Implementasi, Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Mulyasa, (2012), Penelitian Tindakan Sekolah: Meningkatkan Produktivitas Sekolah, Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Nana Sudjana, (2010), Menyusun Karya Tulis Ilmiah: Berbasis Penelitian Tindakan, Jakarta: Binamitra Publishing.

Nana Sudjana, (2011), Supervisi Pendidikan: Konsep dan Aplikasi Bagi Pengawas Sekolah, Jakarta: Binamitra Publishing.

Paul Eggen & Don Kauchak, (2012), Strategi dan Model Pembelajaran, Jakarta: PT Indeks.

Richardson, J, (2007), Lesson Study, Teacher Learn How To Improve Instruction. National Staf Depelovment Council. (Online). http://www.nsdc.org di akses 15 April 2013).

Riyanto Yatim, (2012), Paradigma Baru Pembelajaran, Sebagai Referensi bagi Pendidik dalam Implementasi Pembelajaran yang Efektif dan Berkualitas, Kencana Prenada Media Group, Jakarta.

Sagala, (2011), Manajemen Strategi Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Bandung: Alfa Beta.

Sagala, (2010), Supervisi Pembelajaran: dalam Profesi Pendidikan, Bandung: Alfa Beta.

Sagala, (2006), Manajemen Strategi dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Alfabeta Bandung.

Sagala, (2009), Administrasi Pendidikan Kontemporer. Alfabeta Bandung Sagala, (2012), Konsep dan Makna Pembelajaran: Untuk Membantu

Memecahkan Plroblema Belajar dan Mengajar, Bandung: Alfa Beta.

Sagala. (2003), Konsep dan Makna Pembelajaran, Bandung: Alfa Beta

Sagala. (2008), Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan, Bandung: Alfa Beta.

Sanjaya Wina, (2008), Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran, Kencana Prenada Media Group, Jakarta

Sugiyono, (2010), Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono, (2011), Metode Penelitian Administrasi. Alfabeta Bandung

Sukarman Purba, (2009), Kinerja Pimpinan Jurusan di Perguruan Tinggi: Teori, Konsep, dan Korelatnya, Yogyakarta: Laks Bang Pressindo.

Suprijanto, (2009). Pendidikan Orang Dewasa. Jakarta: Bumi Aksara.

Teras Pembelajaran , (22 Desember 2008), Model-model Pembelajaran Inovatif, (Online), (http://mbahbrata- edu.blogspot.com/2008/09/model-pembelajaran-inovatif- di-sd.html, diakses 17 Oktober 2012)

Trianto, (2009), Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Prograsif: Konsep, Landasan dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Downloads

Published

2021-12-31

How to Cite

Nurasni, N. (2021). Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa XII IPS 2 SMA Negeri 5 Lhokseumawe melalui Model Pembelajaran Mind Mapping . Al Mabhats : Jurnal Penelitian Sosial Agama, 6(2), 223–250. https://doi.org/10.47766/almabhats.v6i2.915