Pendidikan Keimanan dan Ketaqwaan Bagi Anak-Anak

Authors

  • Salmi Wati Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukit Tinggi, Indonesia
  • Rezki Amelia Sekolah Tinggi Agama Islam Imam Bonjol Padang Panjang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.47766/almabhats.v6i2.909

Keywords:

Keimanan, Ketakwaan, Pendidikan Anak

Abstract

Pendidikan keimanan merupaka aspek yang mendasar dalam ajaran Islam. Keimanan ini meliputi kepercayaan terhadap Allah, Rasul, malaikat, kitab- kitabNya dan adanya hari akhir. Iman kepada Allah adalah meyakini bahwa Allah adalah pencipta manusia dan alam semesta. Allah adalah Dzat yang Maha Kuasa dan hanya Dialah yang berhak disembah. Pemahaman anak mengenai ketuhanan, bila diberikan sejak dini dapat menjadi pendidikan agama dasar pembentukan pribadi anak yang kuat dan tangguh dalam keimanan, karena sejak dini telah ditradisikan pemahaman tentang keimanan. Bahkan, dengan cara belajar yang baik, hal ini bisa menjadi dasar pendidikan agama anak usia dini yang sangat bermanfaat dalam memupuk pemahaman mereka mengenai konsep ketuhanan sejak dini.

References

An-Nursi, B. (2007). Bersyukurlah maka Allah Akan Menambah Nikmatmu Bersabarlah Maka Allah Akan Menolongmu. Surakarta: Indiva Pustaka.

As-Suyuthi, J., & Al-Mahalli, J. (2003). Tafsir jalalain. Surabaya: Imaratullah.

bin Ahmad Al-Mahalli, J. M. (n.d.). Tafsir al-Qur’an al-‘Adhim. Beirut: Dar al-Fikr, 1401.

Farah, N., & Fitriya, I. (2018). Konsep Iman, Islam Dan Taqwa. Rausyan Fikr: Jurnal Studi Ilmu Ushuluddin Dan Filsafat, 14(2), 209–241.

Hendra, M. (2018). Menghidupkan Islam. Deepublish.

Indriani, H. (2020). Keimanan.

Ismail, R. (2016). Hakikat Monoteisme Islam (Kajian Atas Konsep Tauhid “Laa Ilaaha Illallah”). Religi: Jurnal Studi Agama-Agama, 10(2), 172–183.

Jalil, M. (2019). Falsafah Hakikat Iman Islam Dan Kufur. Ath Thariq Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 2(2), 389–405.

Jamal, M. (2011). Konsep Al-Islam dalam Al-Qurâ€TM an. Al-Ulum, 11(2), 283–310.

Jaya, Y. (1999). Psikoterapi Agama Islam. Padang: IAIN Imam Bonjol.

Kadir, A. (2015). Apresiasi Keimanan kepada Tuhan melalui Pengalaman Spiritual. Teosofi: Jurnal Tasawuf Dan Pemikiran Islam, 5(1), 26–49.

Kamal, T. (2019). Urgensi Studi Teologi Sosial Islam. Al-Hikmah: Jurnal Dakwah Dan Ilmu Komunikasi, 22–38.

Lubis, A. H. (2016). Pendidikan Keimanan dan Pembentukan Kepribadian Muslim. Darul Ilmi: Jurnal Ilmu Kependidikan Dan Keislaman, 4(1).

Maarif, A. S. (2019). Membumikan Islam. IRCiSoD.

Mohamad, K. (1994). Rijal haula al-Rasul. Kaherah: Dar al-Muatam.

Muslimawaty, R. (2018). Pendidikan Keimanan Anak dalam Keluarga Menurut Zakiah Daradjat. THORIQOTUNA: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 110–121.

Najati, M., & Mohammad, A. (2004). Al-Quran dan ilmu jiwa.

Rianti, A. A. (2014). Cara Efektif Mengenalkan Rukun Iman pada Anak Usia

Dini. Elex Media Komputindo.

Rifa’i, A. (2020). Pendidikan Keimanan Dan Pendidikan Akhlak. An-

Nahdhah, 13(2), 246–269.

Rufaedah, E. A. (2020). Peranan pendidikan agama dalam keluarga terhadap pembentukan kepribadian anak-anak. Counselia; Jurnal Bimbingan Konseling Pendidikan Islam, 1(1), 8–25.

Saepudin, D. M., Solahudin, M., & Khairani, I. F. S. R. (2017). Iman Dan Amal Saleh Dalam Alquran (Studi Kajian Semantik). Al-Bayan: Jurnal Studi Ilmu Al-Qur’an Dan Tafsir, 2(1), 10–20.

Saurah, M. bin I. bin, & Muhammad, A. I. (1994). Sunan at-Tirmidzi. Riyad: Maktabah al-Ma’rifah, Nd.

Shihab, M. Q. (2011). Membumikan Al-Qur’an Jilid 2 (Vol. 2). Lentera Hati Group.

Shofaussamawati, S. (2017). Iman dan Kehidupan Sosial. Riwayah, 2(2), 211–224.

Sowi, M. (2020). Realisasi Iman Dalam Kehidupan Sosial.

Sukatin, E. R. Z., Tasifah, S., Triyanti, N., Auliah, D., Laila, I., & Patimah, S. (2020). Pendidikan Anak Dalam Islam. Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak, 6(2), 185–205.

Sururin, M. A. (2004). Ilmu Jiwa Agama. PT Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Sururin, S. (2004). Konsep Pendidikan KH Hasyim Asy’ari: Telaah Terhadap Kitab’Adab Ta’lim Wa Muta’allim’. EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan.

Syarifah, B. (2020). Analisis Berkurangnya Iman Dengan Dosa Dan Maksiat. Al-Isnad: Journal of Indonesian Hadith Studies, 1(1), 60–69.

Tasbih, T. (2018). Konsep Amal Saleh Menurut Al-Quran. AL ASAS, 1(2), 23–35.

Taufiq, A., hasan Muarif, A., & Aziz, D. A. (2001). Ensilkopedi Islam. PT. Ichtiar Baru.

Ulwan, A. N. (1997). Hiena Yajid al-Mu‟ min Halawat al-Iman, terj. Jakarta: Robbani Press.

Yani, A. (2013). Pendidikan Agama Pada Anak Oleh Orang Tua: Tinjauan Psikologi Islam. Jurnal Ilmu Agama: Mengkaji Doktrin, Pemikiran, Dan Fenomena Agama, 14(1), 33–44.

Zuhdi, M. H. (2017). Istiqomah dan Konsep Diri Seorang Muslim. Religia.

Downloads

Published

2021-12-31

How to Cite

Wati, S., & Amelia, R. (2021). Pendidikan Keimanan dan Ketaqwaan Bagi Anak-Anak . Al Mabhats : Jurnal Penelitian Sosial Agama, 6(2), 139–176. https://doi.org/10.47766/almabhats.v6i2.909