Realita, Problematika Dan Harapan Dalam Supervisi Pendidikan

Authors

  • Nurmayuli Nurmayuli Universitas Islam Negeri Ar Raniry, Banda Aceh

Keywords:

Realita, Problematika, Harapan, Supervisi Pendidikan

Abstract

Dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan lembaga pendidikan  pemerintah memberikan pengawasan dan pembinaan yang disebut  supervisi. Supervisi merupakan Usaha dari petugas-petugas sekolah dalam  memimpin guru-guru dan petugas-petugas lain nya dalam memperbaiki  pengajaran, termasuk menstimulasi, menyeleksi pertumbuhan jabatan dan  perkembangan guru-guru serta merevisi tujuan-tujuan pendidikan, bahan  pengajaran dan metode serta evaluasi pengajaran. Ruang lingkup supervisi  pendidikan memiliki dua aspek yaitu; aspek manusia dan aspek aktivitasnya.  aspek manusia membahas sikap terhadap tugas, disiplin kesja, moral kerja,  kejujuran, ketaatan terhadap peraturan organisasi, kerajinan, kecakapan,  kemampuan serta kecerdasannya yang terlibat didalamnya seluruh yang  menjadi stekholder dalam lembaga pendidikan. Sedangkan aspek  aktivitas/kegiatanya menurut Suwoto ialah meliputi cara kerja ( cara  mengajar), metoda pendekatan terhadap siswa, efisiensi kerja, dan hasil kerja.  3 unsur oprasional yang harus diperhatikan dalam aspek ini ialah; 1) teknik  edukatif, 2)teknik administrasi dan 3) koordinasi dan kerjasama. Namun  dalam setiap aspek ruanglingkup tersebut memiliki realita, problem serta  harapan yang ingin diwujudkan untuk meningkatkan mutu lembaga  pendidikan.

References

Arikunto,Suharsimi,1988. Organisasi dan Administrasi Pendidikan Teknologi dan Kejuruan.Jakarta: P2LPTK, Ditjen Dikti, Depdikbud.

______,2004. Dasar-dasar Supervisi,.Jakarta, PT. Rineka Cipta.

______,2006. Sasar-dasar Supervisi. Jakarta : Rineka Cipta.

Ary H Gunawan.2011.Administrasi Sekolah : Administrasi Pendidikan Mikro.Jakarta : Rineka Cipta

Daryanto, 2011. Administrasi Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta

Fachruddin.2012.Supervisi Pendidikan. Medan : IAIN Press. Cet.VII

Jasmani, mustofa Syaiful,.2013.Supervisi Pendidikan. Jogjakarta:Arruz Media.

Pidarta, Made.1992. Pemikiran Tentang Supervisi Pendidikan. Jakarta :Bumi Aksara

______, 1999. Pemikiran Tentang Supervisi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Mulyasa, E. 2004. Menjadi Kepala Sekolah Profesional Dalam Konteks Menyukseskan MBS dan KBK, Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset

______,(2009), Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan, Bandung : PT. Remaja Rosdakarya

Munah. Binti .2017.Supervisi Pendidikan Islam:Teori dan Praktik. Yokyakarta:Kalimedia

Munir, Abdullah.2008. Menjadi Kepala Sekolah Efektif, Yogyakarta : Ar Ruzz Media

Piet A.Sahertian. 2000. Konsep Dasar dan Teknik Supervsi Pendidikan Dalam Rangka Pengembangan Sumber Daya Manusia,. Jakarta: Rieneka Cipta

______,2008.Konsep Dasar & Teknik Supervisi Pendidikan: Dalam Rangka Pengembangan Sumber Daya Manusia.Jakarta : Rineka Cipta

Ngalim Purwanto.1987. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Jakarta: Mutiara

______,2003. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: Rosda Karya

Risnawati.2014.Administrasi Dan Supervisi Pendidikan. Yogyakarta: Aswaja Press

Rivai,. 1981. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: alfabeta

Sahertian & Mataheru, F. 1981. Prinsip-Prinsip dan Teknik-teknik Supervisi Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional

Sarwoto.1985. Dasar-Dasar Organisasi dan Manajemen. Jakarta : Ghalia Indonesia

Suprihatiningrum, Jamil. 2013. Guru Profesional, Jogjakarta: Ar-ruzz Media

Sudjana, Nana. dkk. 2006. Standar Pengawas Mutu. Jakarta : Direktorat Jendral Peningkatan Mutu Pendidikan Dan Tenaga Kependidikan Direktorat Tenaga Kependidikan Depatemen Pendidikan Nasional

Shulhan, Muwahid. 2004. Administrasi Pendidikan. Jakarta : Bina Ilmu

Soetopo, Hendiyat,& Soemanto, Wasty.1984. Kepemimpinan dan Supervisi Pendidikan.Jakarta:PT. Bina Aksara

Soetjipto dan Raflis Kasasi, 2011. Profesi Keguruan. Jakarta: Rineka Cipta

Suryosubroto, 2010. Manajemen Pendidikan Di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta

Sutarasih, Cicih, Nurdin, 2009. Supervisi Pendidikan :Tim Dosen Administrasi Pendidikan UPI. Bandung: Alfabeta.

Thaib, Amin dan Robie, Ahmad. 2005. Standar Supervisi Pendidikan Pada MTs. Jakarta: Depag RI

Downloads

Published

2018-06-30

How to Cite

Nurmayuli, N. (2018). Realita, Problematika Dan Harapan Dalam Supervisi Pendidikan . Al Mabhats : Jurnal Penelitian Sosial Agama, 3(1), 59–86. Retrieved from https://journal.iainlhokseumawe.ac.id/index.php/AlMabhats/article/view/3011