Realita, Problematika Dan Harapan Dalam Supervisi Pendidikan
Keywords:
Realita, Problematika, Harapan, Supervisi PendidikanAbstract
Dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan lembaga pendidikan pemerintah memberikan pengawasan dan pembinaan yang disebut supervisi. Supervisi merupakan Usaha dari petugas-petugas sekolah dalam memimpin guru-guru dan petugas-petugas lain nya dalam memperbaiki pengajaran, termasuk menstimulasi, menyeleksi pertumbuhan jabatan dan perkembangan guru-guru serta merevisi tujuan-tujuan pendidikan, bahan pengajaran dan metode serta evaluasi pengajaran. Ruang lingkup supervisi pendidikan memiliki dua aspek yaitu; aspek manusia dan aspek aktivitasnya. aspek manusia membahas sikap terhadap tugas, disiplin kesja, moral kerja, kejujuran, ketaatan terhadap peraturan organisasi, kerajinan, kecakapan, kemampuan serta kecerdasannya yang terlibat didalamnya seluruh yang menjadi stekholder dalam lembaga pendidikan. Sedangkan aspek aktivitas/kegiatanya menurut Suwoto ialah meliputi cara kerja ( cara mengajar), metoda pendekatan terhadap siswa, efisiensi kerja, dan hasil kerja. 3 unsur oprasional yang harus diperhatikan dalam aspek ini ialah; 1) teknik edukatif, 2)teknik administrasi dan 3) koordinasi dan kerjasama. Namun dalam setiap aspek ruanglingkup tersebut memiliki realita, problem serta harapan yang ingin diwujudkan untuk meningkatkan mutu lembaga pendidikan.
References
Arikunto,Suharsimi,1988. Organisasi dan Administrasi Pendidikan Teknologi dan Kejuruan.Jakarta: P2LPTK, Ditjen Dikti, Depdikbud.
______,2004. Dasar-dasar Supervisi,.Jakarta, PT. Rineka Cipta.
______,2006. Sasar-dasar Supervisi. Jakarta : Rineka Cipta.
Ary H Gunawan.2011.Administrasi Sekolah : Administrasi Pendidikan Mikro.Jakarta : Rineka Cipta
Daryanto, 2011. Administrasi Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta
Fachruddin.2012.Supervisi Pendidikan. Medan : IAIN Press. Cet.VII
Jasmani, mustofa Syaiful,.2013.Supervisi Pendidikan. Jogjakarta:Arruz Media.
Pidarta, Made.1992. Pemikiran Tentang Supervisi Pendidikan. Jakarta :Bumi Aksara
______, 1999. Pemikiran Tentang Supervisi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Mulyasa, E. 2004. Menjadi Kepala Sekolah Profesional Dalam Konteks Menyukseskan MBS dan KBK, Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset
______,(2009), Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan, Bandung : PT. Remaja Rosdakarya
Munah. Binti .2017.Supervisi Pendidikan Islam:Teori dan Praktik. Yokyakarta:Kalimedia
Munir, Abdullah.2008. Menjadi Kepala Sekolah Efektif, Yogyakarta : Ar Ruzz Media
Piet A.Sahertian. 2000. Konsep Dasar dan Teknik Supervsi Pendidikan Dalam Rangka Pengembangan Sumber Daya Manusia,. Jakarta: Rieneka Cipta
______,2008.Konsep Dasar & Teknik Supervisi Pendidikan: Dalam Rangka Pengembangan Sumber Daya Manusia.Jakarta : Rineka Cipta
Ngalim Purwanto.1987. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Jakarta: Mutiara
______,2003. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: Rosda Karya
Risnawati.2014.Administrasi Dan Supervisi Pendidikan. Yogyakarta: Aswaja Press
Rivai,. 1981. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: alfabeta
Sahertian & Mataheru, F. 1981. Prinsip-Prinsip dan Teknik-teknik Supervisi Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional
Sarwoto.1985. Dasar-Dasar Organisasi dan Manajemen. Jakarta : Ghalia Indonesia
Suprihatiningrum, Jamil. 2013. Guru Profesional, Jogjakarta: Ar-ruzz Media
Sudjana, Nana. dkk. 2006. Standar Pengawas Mutu. Jakarta : Direktorat Jendral Peningkatan Mutu Pendidikan Dan Tenaga Kependidikan Direktorat Tenaga Kependidikan Depatemen Pendidikan Nasional
Shulhan, Muwahid. 2004. Administrasi Pendidikan. Jakarta : Bina Ilmu
Soetopo, Hendiyat,& Soemanto, Wasty.1984. Kepemimpinan dan Supervisi Pendidikan.Jakarta:PT. Bina Aksara
Soetjipto dan Raflis Kasasi, 2011. Profesi Keguruan. Jakarta: Rineka Cipta
Suryosubroto, 2010. Manajemen Pendidikan Di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta
Sutarasih, Cicih, Nurdin, 2009. Supervisi Pendidikan :Tim Dosen Administrasi Pendidikan UPI. Bandung: Alfabeta.
Thaib, Amin dan Robie, Ahmad. 2005. Standar Supervisi Pendidikan Pada MTs. Jakarta: Depag RI
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2018 Nurmayuli Nurmayuli
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.