Pendidik dalam Perspektif Al-Qur’an

Authors

  • Hasanah Hasanah Universitas Abulyatama, Banda Aceh
  • Nasruddin AR Universitas Abulyatama, Banda Aceh

Keywords:

Pendidik, Perspektif Al-Qur’an

Abstract

Seorang guru bisa mengemban amanah sebagai pendidik dengan baik,  apabila ia mengerti akan berbagai teori yang menyangkut dirinya yang  bertugas sebagai guru. Dalam kaitannya dengan masalah tersebut, akan  dibahas dalam penelitian ini berbagai asumsi yang diambil dari sumber  utama agama Islam yakni Al-Qur’an. Dalam sumber tersebut terdapat banyak  sekali literatur-literatur yang membahas tentang pendidik. Metode yang  digunakan dalam penelitian ini adalah metode dokumentasi dengan jenis  penelitian kalitatif, penganalisaan data lebih difokuskan pada penelitian  perpustakaan (library research), yaitu dengan membaca, menelaah dan  mengakaji buku-buku dan sumber tulisan yang erat kaitannya dengan  masalah yang dibahas, yaitu berpedoman dari Al-Qur’an, dan dibantu  dengan buku-buku lain yang mendukung sebagai referensi sekunder dari  beberapa pemikiran para tokoh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui  tentang berbagai teori tentang pendidik (guru) dalam perspektif Al-Qur’an  dan Sunnah Rasul.Diantaranya tentang Sifat guru, hakikat dan tugas guru,  serta kompetensi Guru. Dari hasil penelitian maka telah ditemukan beberapa  hal diantaranya pendidik dalam perspektif Al-Qur’an, (1) Pendidik memiliki  akhlak yang baik dalam surat Al-Hud: 11, (2) Pendidik yang berhati lembut  dalam surat at-Taaha: 43-44, (3) Pendidik yang berfikir positif dalam surat Ali  Imran: 190, (4) Pendidik harus memiliki sifat hati-hati dalam surat Al-Isra: 18.

References

Al-Abrasy, M. Athiyah, (2013) Dasar-Dasar Pokok Pendidikan Islam, Jakarta: Bulan Bintang.

Al-Bukhari, Muhammad bin Ismail bin Ibrahim bin ak Mughirah, (tth), Shahih Bukhari, Juz 7. Mesir: al-Matba’ah al-Amiriyah.

Al-Ghazâlî, Iḥyâ’ ‘Ulûmal-Dîn, Juz I, .Ulasan kritis tentang konsep pendidikan al-Ghazâlî dapat ditelaah dalam Fathiyah Hasan Sulaiman, KonsepPendidikan al Ghazâlî.

Abd al-Raḥman an-Naḥlâwî, (1996), Uṣûl al-Tarbîyah al-Islâmîyah wa Asâlîbuhâ fî al-Baitwa al-Madrasah wa al-Mujtama’. Beirut : Dâr al-Fikr.

Asma Hasan Fahmi, (1979), Sejarah dan Filsafat Pendidikan Islam, terj. Ibrahim Husein, Jakarta: Bulan Bintang.

Al- Asqalani, Ibnu Hajar, (2007), Terjemahan Lengkap Bulughul Maram, Jakarta: Akbar Media Eka Sarana.

Athiyah al-Abrasyi,( tt), Ruh al-Tarbiyyah wa al-Ta’lîm (Su’udi Arabiyah: Dar al-Ihya.

Daradjat, Zakiah, (2011), Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara.

Dep Agama RI. (2007), Al-Qur’an dan Terjemahannya, Bandung: Diponogoro.

Daqiqil, Ibnu ‘Ied, (2013), Syarah Hadits Arba’in Imam Nawawi, Depok Jawa Barat: PT. PALAPA.

Jawwad Ridla, (2005), Tiga Aliran Utama Teori Pendidikan Islam, Bandung: PT Media.

Kementrian Agama Republik Indonesia,(2011), Alqur’an dan tafsirnya jilid 9, Jakarta: Widya Cahaya.

____,(2011), Alqur’an dan tafsirnya jilid 10, Jakarta: Widya Cahaya.

____, (2011), Alqur’an dan tafsirnya jilid 5, Jakarta: Widya Cahaya.

Shihab, M. Quraish, (2002), Tafisr Al mishbah (Pesan, Kesan dan keserasian Al-Qur’an) volume 7, Jakarta: Lentera Hati.

____, (2002), Tafisr Al mishbah (Pesan, Kesan dan keserasian Al Qur’an) volume 8, Jakarta: Lentera Hati.

____, (2002), Tafisr Al mishbah (Pesan, Kesan dan keserasian Al Qur’an) volume 14, Jakarta: Lentera Hati.

Saiful Bahri Djamarah, (2005), Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif, Jakarta : Rineka Cipta.

Tafsir, Ahmad, (1994), Ilmu Pendidikan Dalam Perspektif Islam, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Tim Departemen Agama RI, (1984), Islam Untuk Disiplin Ilmu Pendidikan, Jakarta: Pppai-Ptu.

Uhbiyati , Nur, (1998), Ilmu Pendidikan Islam I, Bandung: Pustaka Setia.

Zuhairini, et.al. (1995), Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta : Bumi Aksara.

Zakiah Dradjat, (1982), Kepribadian Guru, Jakarta: Bulan Bintang.

Downloads

Published

2018-12-30

How to Cite

Hasanah, H., & AR, N. (2018). Pendidik dalam Perspektif Al-Qur’an . Al Mabhats : Jurnal Penelitian Sosial Agama, 3(2), 307–329. Retrieved from https://journal.iainlhokseumawe.ac.id/index.php/AlMabhats/article/view/2994