Intergrasi Ilmu: Basis Filosofis Hukum dan Implikasinya terhadap Filsafat Pendidikan

Authors

  • Muhammad Ali Umar Kejaksaan Negeri Kota Lhokseumawe
  • Fauzan Ahmad Siregar Institut Agama Islam Negeri Lhokseumawe

DOI:

https://doi.org/10.47766/almabhats.v7i1.1042

Keywords:

Filsafat Hüküm, Filsafat Pendidikan, Integrasi Ilmu

Abstract

Abstract: The management activities of educational institutions require a legal canopy to carry out their duty optimally. The underutilized function of law in assisting educational institutions is one of the factors contributing to the suboptimal achievement of educational goals. Due to this, careful consideration must be given to the efficacy of the law safeguarding the functions and implementation of the school learning process. This study seeks to investigate, compare, and identify legal philosophy causality models and their consequences for education management. This study employs a qualitative approach to literature. Several articles' references are derived from primary texts and research. The study's findings indicate that the significance of legal ontology for the development of teachers in schools stems from the fact that they are exposed to various dynamic realities, experiences, sub-humans, humans, and inanimate things inside the school environment. To address this issue, school administrators and teachers must realize that legislation can support their efforts to increase their competency. The epistemological implications of legal philosophy in teacher development are inseparable from the development program's conception, formulation, implementation, and evaluation. When the school community complies with educational laws and their application, the axiological implications of legal philosophy are deemed worthwhile.

Abstrak: Kegiatan pengelolaan lembaga pendidikan membutuhkan payung hukum agar mampu menjalankan perannya secara maksimal. Satu diantara penyebab kurang maksimalnya pencapaian tujuan pendidikan adalah peran hukum yang belum maksimal dalam membantu lembaga pendidikan. Karenanya dibutuhkan suatu pemikiran mendalam terkait efektifitas hukum dalam melindungi fungsi maupun pelaksanaan proses pelaksanaan pembelajaran di sekolah. Tujuan penelitian untuk menganalisis, mengkomparasi dan menemukan model kausalitas filsafat hukum dan implikasinya terhadap pengelolaan pendidikan. Penelitian berjenis kualitatif teknik kepustakaan. Sumber rujukan dair beberapa artikel bersumber dari buku primer dan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan Implikasi Ontologi hukum pada pengembangan guru di sekolah berdasar pada kenyataannya menghadapi berbagai macam realita, pengalaman, sub human, human, maupun benda mati yang bersifat dinamis dalam kehidupan dilingkungan sekolah. Sehingga untuk menghadapi itu semua pengelola di sekolah dan guru membutuhkan pemahaman bahwa hukum dapat memfasilitasi mereka dalam upaya mengembangkan kompetensi mereka. Implikasi epistimologi filsafat hukum dalam pengembangan guru proses pelaksanaan pengembangan guru tidak terlepas dari bagaimana program pengembangan itu dirancang, kemudian dirumuskan, untuk selanjutnya masuk pada tahap pelaksanaan, dan bagaimana kemudian program tersebut dievaluasi dan efektif secara berkelanjutan. Implikasi aksiologi filsafat hukum menjadi bernilai ketika masyarakat sekolah melekat pada undang-undang pendidikan dan implementasinya pada prilaku mereka di sekolah.

References

Abdulhak. (2008). Filsafat Ilmu Pendidikan. Remaja Rosda Karya.

Aburaera, S., Muhadar, & Maskun. (2013). Filsafat Hukum: Teori dan Praktik. Kencana.

Adib, M. (2011). Filsafat Ilmu: Ontologi, Epitemologi, Aksiologi, dan Logika Ilmu Pengetahuan. Pustaka Pelajar.

Azra, A. (2003). Pendidikan Islam Tradisi dan Modernisasi Menuju Milenium Baru. Logos Wacana Ilmu.

Bahrum. (2013). Ontologi, Epistimologi dan Aksiologi. Sulesana: Jurnal Wawasan Keislaman, 8, 35. https://doi.org/10.24252/.v8i2.1276

Bashori, A. (2020). Filsafat Hukum Islam: Paradigma Filosofis Mengais Kebeningan Hukum Tuhan. Prenada Media.

Branson, C. M., & Gross, S. J. (Eds.). (2014). Handbook of Ethical Educational Leadership. Routledge. https://doi.org/10.4324/9780203747582

Corrall, S., & O’Brien, J. (2011). Developing the Legal Information Professional: A Study of Competency, Education and Training Needs. Aslib Proceedings, 63(2/3), 295–320. https://doi.org/10.1108/00012531111135718

Danial, D., Dewi, N. S., & Kafrawi, K. (2021). The Development Model of Human Resources at Islamic Universities in Aceh. Jurnal Ilmiah Peuradeun, 9(1), 103. https://doi.org/10.26811/peuradeun.v9i1.450

Danial, D., Samah, M., & Jailani, M. R. (2022). Quo Vadis Acehnese Shari’a: A Critical Approach to the Construction and Scope of Islamic Legislation. Al-Jami’ah: Journal of Islamic Studies, 60(2), 621–654. https://doi.org/10.14421/ajis.2022.602.621-654

Danial, D., Usman, M., & Sari Dewi, N. (2022). The Contestation of Islamic Legal Thought: Dayah’s Jurists and PTKIN’s Jurists in Responding to Global Issues. Ijtihad : Jurnal Wacana Hukum Islam Dan Kemanusiaan, 22(1), 19–36. https://doi.org/10.18326/ijtihad.v22i1.19-36

Hardaker, G., & Sabki, A. A. (2018). Philosophy of Islam and Knowledge. In Pedagogy in Islamic Education (pp. 35–54). Emerald Publishing Limited. https://doi.org/10.1108/978-1-78754-531-120181004

Jalaludin, & Id, A. (2011). Filsafat Pendidikan Manusia, Filsafat, dan Pendidikan. PT. Raja Grafindo Persada.

Khobir, A. (2007). Filsafat Pendidikan Islam Landasan Teoritis dan Praktis. STAIN Pekalongan Press.

Ladyman, J. (2012). Understanding Philosophy of Science. Routledge. https://doi.org/10.4324/9780203463680

Lane, S. D. (2016). Interpersonal Communication: Competence and Contexts. Routledge.

Marlina, L., & Bashori, B. (2021). Analisis Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Covid-19. Idarah (Jurnal Pendidikan Dan Kependidikan), 5(1), 33–48. https://doi.org/10.47766/idarah.v5i1.1439

Peters, M. A. (2017). Adult Education. In Encyclopedia of Educational Philosophy and Theory (pp. 17–17). Springer Singapore. https://doi.org/10.1007/978-981-287-588-4_100015

Pillay, N. (2014). Teachers’ Knowledge of Legislation and Education Law Specifically and Its Influence on Their Practice. Pretoria South Africa.

Prasetyo, M. A. M. (2018). Desain Kurikulum IAIN Lhokseumawe (Studi Analisis Mata Kuliah: Filsafat Manajemen Jurusan Manajemen Pendidikan Islam). Idarah (Jurnal Pendidikan Dan Kependidikan), 2(2), 1–17.

Prasetyo, M. A. M., Ilham, M., & Asvio, N. (2022). Lecturer Professionalism in Improving The Effectiveness of Higher Education Institutions. INTERNATIONAL JOURNAL OF EDUCATIONAL REVIEW, 4(1), 140–153. https://doi.org/10.33369/ijer.v4i1.22406

Rahmah, S., Prasetyo, M. A. M., & ... (2022). Quality Islamic Boarding School Model: Linking the Principles of Teacher Professionalism and Organizational Management. AL-HAYAT: Journal Of Islamic Education, 6(2), 161–173. https://doi.org/https://doi.org/10.35723/ajie.v6i2.249

Rusydi, I. (2015). Filsafat Politik Islam; sebuah Pengantar. Risâlah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 2(1), 110–123.

Salabi, A. S. (2021). Konstruksi Keilmuan Islam (Studi Pemikiran Ibnu Rusyd tentang Ontologi dan Epistimologi). ITQAN: Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan, 12(1), 47–66. https://doi.org/10.47766/itqan.v12i1.188

Salman R. Otje. (1987). Ikhtisar Filsafat Hukum. Armico.

Schuler, Jakson S, R., & Susan E. (2006). Manajemen Sumber Daya Manusia. Erlangga.

Setiadi, W. (2018). Penegakan Hukum: Kontribusinya bagi Pendidikan Hukum dalam Rangka Pengembangan Sumber Daya Manusia. Majalah Hukum Nasional, 48(2), 1–22. https://doi.org/10.33331/mhn.v48i2.99

Sheikh, S. U., & Ali, M. A. (2019). Al-Ghazali’s Aims and Objectives of Islamic Education. Journal of Education and Educational Development, 6(1), 111–125.

Soetriono, & Hanafie, R. (2007). Filsafat Ilmu dan Metodologi Penelitian. ANDI.

Solihin, M. (2007). Perkembangan Pemikiran Filsafat dari Klasik Hingga modern. Pustaka Setia.

Stewart, D., & McCann, P. (1999). Educators and the Law: Implications for The Professional Development of School Administrators and Teachers. Journal of In-Service Education, 25(1), 135–150. https://doi.org/10.1080/13674589900200074

Sumantri, J. S. (2003). Filsafat Ilmu Sebuah Pengantar Populer. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.

Suriasumantri, & S, J. (1993). Filsafat Ilmu sebuah Pengantar Populer. Pustaka Sinar Harapan.

Susanto, A. (2001). Filsafat Ilmu. Bumi Aksara.

Sutrisno, A., & Pillay, H. (2013). Purposes of Transnational Higher Education Programs: Lessons from two Indonesian Universities. Studies in Higher Education, 38(8), 1185–1200. https://doi.org/10.1080/03075079.2013.833031

Syafii, I. K. (2004). Pengantar Filsafat. Refika Aditama.

Abdulhak. (2008). Filsafat Ilmu Pendidikan. Remaja Rosda Karya.

Aburaera, S., Muhadar, & Maskun. (2013). Filsafat Hukum: Teori dan Praktik. Kencana.

Adib, M. (2011). Filsafat Ilmu: Ontologi, Epitemologi, Aksiologi, dan Logika Ilmu Pengetahuan. Pustaka Pelajar.

Azra, A. (2003). Pendidikan Islam Tradisi dan Modernisasi Menuju Milenium Baru. Logos Wacana Ilmu.

Bahrum. (2013). Ontologi, Epistimologi dan Aksiologi. Sulesana: Jurnal Wawasan Keislaman, 8, 35. https://doi.org/10.24252/.v8i2.1276

Bashori, A. (2020). Filsafat Hukum Islam: Paradigma Filosofis Mengais Kebeningan Hukum Tuhan. Prenada Media.

Branson, C. M., & Gross, S. J. (Eds.). (2014). Handbook of Ethical Educational Leadership. Routledge. https://doi.org/10.4324/9780203747582

Corrall, S., & O’Brien, J. (2011). Developing the Legal Information Professional: A Study of Competency, Education and Training Needs. Aslib Proceedings, 63(2/3), 295–320. https://doi.org/10.1108/00012531111135718

Danial, D., Dewi, N. S., & Kafrawi, K. (2021). The Development Model of Human Resources at Islamic Universities in Aceh. Jurnal Ilmiah Peuradeun, 9(1), 103. https://doi.org/10.26811/peuradeun.v9i1.450

Danial, D., Samah, M., & Jailani, M. R. (2022). Quo Vadis Acehnese Shari’a: A Critical Approach to the Construction and Scope of Islamic Legislation. Al-Jami’ah: Journal of Islamic Studies, 60(2), 621–654. https://doi.org/10.14421/ajis.2022.602.621-654

Danial, D., Usman, M., & Sari Dewi, N. (2022). The Contestation of Islamic Legal Thought: Dayah’s Jurists and PTKIN’s Jurists in Responding to Global Issues. Ijtihad : Jurnal Wacana Hukum Islam Dan Kemanusiaan, 22(1), 19–36. https://doi.org/10.18326/ijtihad.v22i1.19-36

Hardaker, G., & Sabki, A. A. (2018). Philosophy of Islam and Knowledge. In Pedagogy in Islamic Education (pp. 35–54). Emerald Publishing Limited. https://doi.org/10.1108/978-1-78754-531-120181004

Jalaludin, & Id, A. (2011). Filsafat Pendidikan Manusia, Filsafat, dan Pendidikan. PT. Raja Grafindo Persada.

Khobir, A. (2007). Filsafat Pendidikan Islam Landasan Teoritis dan Praktis. STAIN Pekalongan Press.

Ladyman, J. (2012). Understanding Philosophy of Science. Routledge. https://doi.org/10.4324/9780203463680

Lane, S. D. (2016). Interpersonal Communication: Competence and Contexts. Routledge.

Marlina, L., & Bashori, B. (2021). Analisis Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Covid-19. Idarah (Jurnal Pendidikan Dan Kependidikan), 5(1), 33–48. https://doi.org/10.47766/idarah.v5i1.1439

Peters, M. A. (2017). Adult Education. In Encyclopedia of Educational Philosophy and Theory (pp. 17–17). Springer Singapore. https://doi.org/10.1007/978-981-287-588-4_100015

Pillay, N. (2014). Teachers’ Knowledge of Legislation and Education Law Specifically and Its Influence on Their Practice. Pretoria South Africa.

Prasetyo, M. A. M. (2018). Desain Kurikulum IAIN Lhokseumawe (Studi Analisis Mata Kuliah: Filsafat Manajemen Jurusan Manajemen Pendidikan Islam). Idarah (Jurnal Pendidikan Dan Kependidikan), 2(2), 1–17.

Prasetyo, M. A. M., Ilham, M., & Asvio, N. (2022). Lecturer Professionalism in Improving The Effectiveness of Higher Education Institutions. INTERNATIONAL JOURNAL OF EDUCATIONAL REVIEW, 4(1), 140–153. https://doi.org/10.33369/ijer.v4i1.22406

Rahmah, S., Prasetyo, M. A. M., & ... (2022). Quality Islamic Boarding School Model: Linking the Principles of Teacher Professionalism and Organizational Management. AL-HAYAT: Journal Of Islamic Education, 6(2), 161–173. https://doi.org/https://doi.org/10.35723/ajie.v6i2.249

Rusydi, I. (2015). Filsafat Politik Islam; sebuah Pengantar. Risâlah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 2(1), 110–123.

Salabi, A. S. (2021). Konstruksi Keilmuan Islam (Studi Pemikiran Ibnu Rusyd tentang Ontologi dan Epistimologi). ITQAN: Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan, 12(1), 47–66. https://doi.org/10.47766/itqan.v12i1.188

Salman R. Otje. (1987). Ikhtisar Filsafat Hukum. Armico.

Schuler, Jakson S, R., & Susan E. (2006). Manajemen Sumber Daya Manusia. Erlangga.

Setiadi, W. (2018). Penegakan Hukum: Kontribusinya bagi Pendidikan Hukum dalam Rangka Pengembangan Sumber Daya Manusia. Majalah Hukum Nasional, 48(2), 1–22. https://doi.org/10.33331/mhn.v48i2.99

Sheikh, S. U., & Ali, M. A. (2019). Al-Ghazali’s Aims and Objectives of Islamic Education. Journal of Education and Educational Development, 6(1), 111–125.

Soetriono, & Hanafie, R. (2007). Filsafat Ilmu dan Metodologi Penelitian. ANDI.

Solihin, M. (2007). Perkembangan Pemikiran Filsafat dari Klasik Hingga modern. Pustaka Setia.

Stewart, D., & McCann, P. (1999). Educators and the Law: Implications for The Professional Development of School Administrators and Teachers. Journal of In-Service Education, 25(1), 135–150. https://doi.org/10.1080/13674589900200074

Sumantri, J. S. (2003). Filsafat Ilmu Sebuah Pengantar Populer. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.

Suriasumantri, & S, J. (1993). Filsafat Ilmu sebuah Pengantar Populer. Pustaka Sinar Harapan.

Susanto, A. (2001). Filsafat Ilmu. Bumi Aksara.

Sutrisno, A., & Pillay, H. (2013). Purposes of Transnational Higher Education Programs: Lessons from two Indonesian Universities. Studies in Higher Education, 38(8), 1185–1200. https://doi.org/10.1080/03075079.2013.833031

Syafii, I. K. (2004). Pengantar Filsafat. Refika Aditama.

Downloads

Published

2022-06-30

How to Cite

Umar, M. A., & Siregar, F. A. (2022). Intergrasi Ilmu: Basis Filosofis Hukum dan Implikasinya terhadap Filsafat Pendidikan. Al Mabhats : Jurnal Penelitian Sosial Agama, 7(1), 33–50. https://doi.org/10.47766/almabhats.v7i1.1042